Menerima Pemimpin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Menerima Pemimpin

Menerima Pemimpin
Foto Menerima Pemimpin

Oleh Jarjani Usman

“Wahai manusia, bertakwalah kepada Allah. Jika diangkat pemimpin atas kalian seorang hamba sahaya Habsyi yang hitam legam, maka dengar dan taatilah dia selama dia menegakkan Kitabullah di tengah-tengah kalian” (HR. at-Tirmidzi).

Kita tidak hanya dianjurkan untuk memilih pemimpin, tetapi menerima atau menaatinya bila sudah terpilih. Memang tak selamanya yang kita harapkan terpilih. Dari itu, kita orang-orang Muslim perlu mengajak diri untuk bersabar. Usaha untuk menerima pemimpin terpilih dan bersabar tentunya tidak sia-sia.

Insya Allah, ada pahala yang disediakan untuk segala usaha baik itu. Pertama, dari upaya memilih pemimpin yang baik kita sudah menjalankan apa yang dianjurkan dalam Islam. Kedua, dari upaya untuk berlapang dada saat menerima pemimpin terpilih juga disediakan pahala. Ketiga adalah pahala dari upaya bersabar dan mengajak orang lain untuk bersabar dalam menghadapi kenyataan hidup.

Bersabar, menaati, apalagi sampai membantu pemimpin terpilih, adalah bagian dari upaya memperbaiki umat. Umat yang hidup dalam negeri yang damai akan mudah dalam beribadah kepada Allah dan muncul pikiran-pikiran kreatif untuk kemajuan. Berbeda halnya kalau negeri kacau, akan banyak tenaga dan pikiran tersita untuk memulihkan keadaan buruk tersebut. Karena itu, hendaklah setiap diri kita tidak berusaha untuk mengacaukan keadaan. (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id