Ilham Saputra Terpilih Jadi Komisioner KPU RI | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ilham Saputra Terpilih Jadi Komisioner KPU RI

Ilham Saputra Terpilih Jadi Komisioner KPU RI
Foto Ilham Saputra Terpilih Jadi Komisioner KPU RI

BANDA ACEH – Salah satu putra Aceh, Ilham Saputra, terpilih sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2017-2027. Ilham menjadi putra Aceh kedua yang menjadi komisioner KPU setelah Prof Dr Nazaruddin Sjamsuddin MA menjadi komisioner KPU RI periode 2003-2008.

Pemilihan itu ditetapkan melalui voting yang dilakukan Komisi II DPR RI yang berjumlah 55 orang dengan cara pemungutan suara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/4). Selain memilih komisioner KPU, Komisi II juga memilih komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2017-2022.

Ilham yang mantan wakil ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh berhasil menempati posisi tiga besar dari 14 nama yang diajukan ke DPR. Ia terpilih bersama enam komisioner lainnya dan berhasil menyisihkan calon petahana. Komisi II hanya memilih tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu. Pemilihan itu berakhir pukul 04.00 WIB dini hari.

Berikut perolehan suara terbanyak komisioner KPU terpilih: Pramono Ubaid Tanthowi dari Banten (55 suara), Wahyu Setiawan dari Jateng (55 suara), Ilham Saputra dari Aceh (54 suara), Hasyim Asy’ari dari Jateng (54 suara), Viryan dari Kalimantan Barat (52 suara), Evi Novida Ginting dari Sumut (48 suara), dan Arif Budiman dari Jawa Timur (30 suara).

Sedangkan lima komisioner Bawaslu yang terpilih adalah Ratna Dewi Pettalolo dari Jawa Tengah (54 suara), Mochammad Afifuddin dari Jakarta (52 suara), Rahmat Bagja dari Depok (51 suara), Abhan dari Jawa Tengah (34 suara), dan Fritz Edwar Siregar dari Jakarta (33 suara). Seleksi pemilihan komisioner KPU dan Bawaslu ini dilakukan seusai uji kelayakan dan kepatuhan (fit and proper test) pada Senin-Selasa (3-4/4).

Menariknya, sebelum lolos sebagai komisioner KPU, Ilham Saputra yang penggemar Liverpool ini sempat mengikuti seleksi komisioner KIP Aceh periode 2013-2018, namun gagal. Lalu, mantan wakil ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh periode 2008-2013 mengikuti seleksi calon komisioner KPU dan berhasil lolos.

Begitu mengetahui Ilham lolos sebagai komisioner KPU RI, masyarakat Aceh langsung memberi ucapan selamat baik secara langsung maupun via media sosial. Ucapan selamat di antaranya disampaikan anggota DPR RI asal Aceh, Muslim Ayub di salah satu grup WhatsApp. “Alhamdulillah, suatu kebanggaan bagi rakyat Aceh, saudara kita Ilham Saputra terpilih menjadi komisioner KPU Pusat. Dari 14 orang yang di- fit and proper test, 7 orang yang ditetapkan, beliau di urutan ke 3.”

Ucapan selamat juga disampaikan akademisi Unsyiah, Saifuddin Bantasyam MA lewat akun facebook-nya. “Selamat utk sobatku Ilham Aden Saputra yang terpilih sebagai komisioner KPU dalam seleksi di DPR RI kemarin. What a great achievement! Anda memang berhak atas posisi itu dengan melihat track record Anda bro Ilham. Anda juga pribadi yang taat dan bersahaja. Aceh berdoa semoga Anda sukses dan berjaya dlm membangun demokrasi di negeri ini.”

Erlanda Juliansyah juga mengapresiasi Ilham di dinding facebook-nya.

“Alhamdulillah. Selamat atas terpilihnya Bang Ilham Aden sebagai komisioner KPU RI. Semoga semakin berintegritas menjaga independensi lembaga KPU RI,” tulis pengamat politik dan hukum itu. Ucapan selamat lain juga mengalir dari Darwati A Gani, Anggota DPRA yang juga istri Irwandi Yusuf, gubernur Aceh terpilih pada Pilkada 2017. Di grup WA, Kru Seumangat Aceh (KSA), Darwati bahkan berharap Ilham segera mendapatkan pendamping hidupnya, jika mungkin sebelum pelantikan, mengingat Ilham masih berstatus lajang.

Minta didoakan
Ilham Saputra yang ditelepon Serambi kemarin menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Aceh yang sudah mendukungnya menjadi komisioner KPU. “Saya ucapkan terima kasih atas doa restu dari masyarakat Aceh akhirnya terkabul (terpilih menjadi komisioner KPU),” katanya.

Ia juga memohon agar terus didoakan agar ia bisa amanah dalam mengemban jabatan baru itu.

Putra Aceh Selatan kelahiran 1976 ini juga bertekad agar ke depan lembaga penyelenggara pemilu itu bisa berintegritas, profesional, dan mendapat kepercayaan dari masyarakat. “Mohon saya didoakan terus untuk kemudian saya bisa amanah dan profesional dan bisa nama baik provinsi kita, Aceh,” kata Ilham.

Ia tambahkan, saat ini dirinya sudah melalui semua tahapan dan tinggal menunggu pelantikan. Tapi Ilham mengaku belum tahu kapan dan di mana akan dilantik. “Saya belum dapat informasi pelantikan, tapi masa tugas komisioner periode yang sekarang berakhir 12 April,” tandasnya. (mas) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id