Kopertis Gelar Rakor PTN-PTS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kopertis Gelar Rakor PTN-PTS

Kopertis Gelar Rakor PTN-PTS
Foto Kopertis Gelar Rakor PTN-PTS

BANDA ACEH – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Aceh. Kegiatan tersebut dibuka Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh Prof Dr Jamaluddin MEd di Hotel The Pade, Banda Aceh, Rabu (5/4).

Prof Jamaluddin dalam sambutannya mengatakan, rakor yang dihadiri pimpinan PTN dan PTS di Aceh tersebut baru pertama kali diselenggarakan. Kegiatan itu bertema “Membangun Sinergisitas PTN dan PTS dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Aceh Menuju Daya Saing.”

“Selain ajang silaturahmi, forum ini juga akan meningkatkan kerja sama antara PTN dan PTS di Aceh melalui penandatanganan MoU,” ujar Jamaluddin. Menurutnya, kerja sama ke depan di antaranya fokus pada pelaksanaan event bersama, pendampingan dalam menyusun kurikulum, hingga pengembangan dosen dan mahasiswa.

Pada sesi diskusi, Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh, Drs H Muharrir Asy’ari LC MAg mengatakan, selama ini ada perbedaan perlakuan terhadap PTN dan PTS, yang membuat PTS sulit berkembang. “Dari mekanisme penerimaan mahasiswa misalnya, PTN sangat mendominasi sehingga membuat PTS perlahan mati,” ujarnya. Sedangkan Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof Dr Jasman J Ma’ruf SE MBA berharap ke depan PTN dan PTS di Aceh dapat bersinergi lewat pengembangan jurnal.

Selain Prof Jamaluddin, tiga pemateri lainnya yaitu Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Farid Wajdi, Rektor Universitas Malikussaleh Prof Dr Apridar SE MSi, dan Dr Marwan Hamid MPd dari Universitas Al-Muslim. Rakor tersebut dipandu moderator Dr Sri Rahmi.

Prof Dr Farid Wajdi dalam presentasinya mengatakan, PTN dan PTS merupakan pabrik sumber daya manusia (SDM) yang sama-sama bertujuan mencerdaskan masyarakat. “Ibarat kereta api, perguruan tinggi terus berkembang dengan kecepatan yang semakin tinggi. Kita bersaing untuk mengatasi ketertinggalan,” katanya.

Selain rakor, Kopertis Wilayah XIII Aceh juga menyelenggarakan Pendampingan dan Bimbingan Calon Guru Besar (Profesor) tahun 2017. Prof Jamaluddin M Ed mengatakan, kegiatan itu kedua kalinya digelar sejak awal tahun 2016. “Kami ingin meningkatkan jumlah Guru Besar khususnya di PTS yang jumlahnya masih sangat sedikit,” jelasnya.

Adapun delapan peserta calon guru besar yaitu Dr Yahya SE MSi (STIES Sabang), Dr Hasanuddin MSi (Unida), Dr Hafnidar SE MSi (Unmuha), Dr Ibrahim MPd (USM), Dr Syarifuddin MSi (Unaya), Dr Adnan SE MSi (UGP), Dr Marwan MPd (Al Muslim), dan Dr Fadhlullah SH MS (Unmuha).(fit) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id