Jembatan Kutablang Dibangun Juni | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Kutablang Dibangun Juni

Jembatan Kutablang Dibangun Juni
Foto Jembatan Kutablang Dibangun Juni

* Kepala BPJN I: Anggarannya Rp 40 Miliar

BANDA ACEH – Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) I Wilayah Aceh, Ir Fathurrahman MSi mengatakan, proyek pembangunan jembatan baru di Krueng Tingkeum, Kecamatan Kutablang, Bireuen, akan dimulai pada Juni 2017.

“Proyeknya sudah dilelang, dan kita harapkan pada pertengahan bulan Mei 2017 sudah ada pemenangnya. Sehingga pembangunan jembatan tersebut bisa dimulai pada bulan Juni,” kata Fathurrahman kepada Serambi, Rabu (5/4).

Menurut Fathurrahman, pembangunan jembatan baru Krueng Tingkeum yang berada di ruas jalan nasional Banda Aceh-Medan kilometer 234 itu, diperkirakan membutuhkan waktu tujuh bulan. Ia belum bisa memprediksi kapan pembangunan jembatan tersebut selesai. Namun ia berharap proyek itu cepat dikerjakan agar arus transportasi kembali lancar.

Fathurrahman menyebutkan, anggaran untuk pembangunan Jembatan Krueng Tingkem yang baru, diperkirakan mencapai Rp 40 miliar. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sudah menyatakan akan mengalokasikan anggaran tersebut dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2017.

Untuk diketahui, Jembatan Krueng Tingkeum diketahui kondisinya miring pada 20 Januari 2017. Penyebabnya, pilar bawah jembatan dihantam tumpukan balok kayu yang dibawa arus deras di sungai itu. Makin lama, jembatan itu makin miring, lalu diputuskan untuk dibongkar.

Jika tidak dibongkar, kata Fathurrahman, sewaktu-waktu akan ada kenderaan yang jatuh ke sungai, karena jembatan rangka baja tersebut sudah bengkok. Sejak saat itu, pemerintah setempat bersama instansi terkait mempersiapkan jalur alternatif untuk mengalihkan kendaraan. Sementara itu, hingga saat ini proses pembongkaran jembatan yang lama masih terus dilakukan.

Selain Jembatan Krueng Tingkem, BPJN I Wilayah Aceh saat ini juga sedang memperbaiki sejumlah ruas jalan nasional lainnya di Aceh, serta Jembatan Teunom, Aceh Jaya. Pengecoran lantai Jembatan Teunom yang sudah keropos dan bolong, dimulai pagi ini Kamis (6/4) sampai sore. Selama pekerjaan itu, ruas jalan ditutup sementara sampai semen kering.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat, karena atas perbaikan badan jalan tersebut, sudah menghambat kelancaran lalu lintas. Sebab di ruas jalan ini tidak ada jalur alternatif. Sehingga pilihannya harus menunggu,” kata Fathurrahman.

Ia menyebutkan, jika tidak ditangani saat ini, ke depan akan mengganggu arus transportasi terutama menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah. Jika ditangani saat ini, maka arus mudik dan arus balik Idul Fitri khusus lintas barat-selatan Aceh akan lancar.(her) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id