Pengurus Masjid Terjerat Korupsi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pengurus Masjid Terjerat Korupsi

Pengurus Masjid Terjerat Korupsi
Foto Pengurus Masjid Terjerat Korupsi

SIGLI – Ketua Pengurus Masjid Tgk Di Meureuhom Kandang, Kecamatan Sakti, Pidie, bernama Syahrul Kiram (30) diduga telah melakukan korupsi dana pembangunan masjid yang dialokasikan dari APBA tahun 2013 senilai Rp 1,7 miliar.

Kepala Kejaksaan Negeri Pidie, Efendi SH MH, melalui Plh Kasi Pidsus, Umar Asegaf SH MH, Rabu (5/4) mengatakan, Kejari Pidie telah menerima berkas perkara korupsi tersebut dari penyidik Polres Pidie. “Hasil audit BPKP Perwakilan Aceh, ditemukan kerugian negara sebesar Rp 737,5 juta,” ungkapnya.

Berkas kasus korupsi pembangunan masjid tersebut sudah satu bulan dipelajari pihak Kejari dan kini menjelang rampung (P21). “Dalam waktu dekat ini perkara korupsi Masjid Tgk Di Meureuhom Kandang akan kami rampungkan, disusul dengan penyerahan barang bukti beserta tersangkanya dari penyidik ke jaksa,” ungkapnya.

Dalam berkas yang diserahkan penyidik kepolisian, proyek pembangunan Masjid Tgk Di Meureuhom itu berada di bawah tanggung jawab Syahrul Kiram selaku ketua pembangunan masjid, berdasarkan SK Camat Sakti Nomor: 400/353/2013, tanggal 23 Januari 2013. Dalam SK tersebut disebutkan bahwa proyek ini dikerjakan dengan sistem swakelola.

Dalam hal ini, Syahrul Kiram diduga tidak berkoordinasi dengan anggota pengurus masjid saat proses pembangunan sarana ibadah tersebut. “Artinya, Syahrul mengerjakan sendiri proyek pembangunan masjid itu,” ujar Umar.

Hasilnya pemeriksaan kualitas dan kuantitas bangunan masjid yang dilakukan tim dari Fakultas Teknik Unsyiah, ditemukan beberapa item pekerjaan yang tidak sesuai spesifikasi, atau kekurangan volume pekerjaan.

Beberapa temuan tersebutg antara lain, galian tanah fondasi, urugan pasir bawah lantai, urugan tanah bawah lantai, besi tulang dan mutu beton untuk balok sloof, serta fondasi tapak, tidak memenuhi standar mutu (K-250).

Sehingga dalam berkas penyidik polisi, dicantumkan kerugian negara hasil audit BPKP Aceh sebesar Rp 737,5 juta lebih, terhadap pembangunan proyek masjid tersebut.(naz) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id