Penyakit Hati | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penyakit Hati

Penyakit Hati
Foto Penyakit Hati

Oleh Jarjani Usman

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. An Nisaa’:
32).

Seringkali kita berlaku tidak adil terhadap diri sendiri. Tatkala penyakit menimpa fisik, segera berusaha untuk mengobatinya walaupun menghabiskan banyak uang dan waktu. Tetapi tatkala penyakit menimpa hati, umumnya membiarkannya. Akibatnya, hati terus dirundung penyakit.

Seperti penyakit iri hati yang menimpa banyak orang tatkala melihat orang lain menang, bahagia, dan banyak harta. Bukannya kita tidak tahu tentang kerusakan yang bakal terjadi bila membiarkan penyakit itu, tetapi sengaja mengabaikannya terus bertambah parah.

Akibat iri hati yang demikian, misalnya, kita menjadi tawanan setan. Dalam keadaan demikian, akan mudah terdorong untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji atau menghasut orang lain untuk melakukannya. Termasuk di antaranya melakukan ghibah, fitnah, dan sejenisnya. Dengan kata lain, iri hati bisa menjadi pemicu bagi berbagai kejahatan lain. Semua itu tentunya berdosa berlapis-lapis.

Allah tidak meridhai hamba-hambaNya menderita penyakit iri hati pada hal-hal demikian. Sehingga dilarang agar hamba-hambaNya hidup damai dan sehat jasmani dan rohani di dunia ini sembari menempuh jalan menuju akhirat. (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id