Aceh Tamiang Butuh 4.000 Sapi Induk Untuk Industri Makanan Halal | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Tamiang Butuh 4.000 Sapi Induk Untuk Industri Makanan Halal

Aceh Tamiang Butuh 4.000 Sapi Induk Untuk Industri Makanan Halal
Foto Aceh Tamiang Butuh 4.000 Sapi Induk Untuk Industri Makanan Halal

URI.co.id, KUALASIMPANG –  Kabupaten Aceh Tamiang membutuhkan 4000 ekor sapi indukan jenis Brahman cross, guna mendukung kawasan industri halal food di Tamiang.

Untuk itu,  peternak diminta tetap serius dalam merawat dan mengambangbiakan sapi bantuan Kementrian Pertanian RI  yang sudah diserahkan akhir tahun lalu kepada kelompok ternak.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Direktorat Pakan Kementerian Pertanian Ir Djoko Purwanto MP, drh Endah Widiastuti dan Dwi Sudiyati SPt didampingi Wakil Bupati Aceh Tamiang Iskandar Zulkarnain, Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Tamiang  Ir Alfuadi dan Ahmad Yani Msi dari Bapeda Tamiang, melihat langsung perawatan dan pengembangbiakan sapi bantuan tersebut, Rabu (5/4/2017).

Setelah melakukan survei kondisi pemeliharaan dan pengambangbiakan sapi bantuan tersebut, pihak Kementrian Pertanian mengaku perlakuan yang dilakukan peternak untuk sapi tersebut sudah sesuai standar prosedur operasional yang dianjurkan pihak kementrian.

“Ada beberapa sapi betina yang sudah melahirkan anak sapinya walupaun hamil bawaan namuan tetap dirawat peternak dengan baik,” ujarnya

Pada kesempatan itu,  pihak Kementrian Pertanian mengak,  jika pengelolaan sapi bantuan tahap pertama berjalan sesuai yang diharapkan, maka akan ditambah lagi 3.500 ekor sapi jenis Brahman croos untuk dikembangkan di Aceh Tamiang.

Namun bantuan tersebut prosesnya bertahap tidak sekaligus.

Untuk itu, Wabup meminta petani terus  mempersiapkan lahan untuk pakan ternak, guna menjadikan Aceh Tamiang sebagai salah satu penghasil sapi di Aceh dan Sumatera. (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id