KIP: Penetapan Gubernur Terpilih 7 April | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KIP: Penetapan Gubernur Terpilih 7 April

KIP: Penetapan Gubernur Terpilih 7 April
Foto KIP: Penetapan Gubernur Terpilih 7 April

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh akan menetapkan gubernur/wakil gubernur Aceh terpilih untuk periode 2017-2022 pada, Jumat 7 April 2017 di Banda Aceh. Jadwal tersebut ditetapkan KIP Aceh menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan sengketa Pilkada Aceh oleh pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid, Selasa (4/4).

Seperti diketahui, pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh nomor urut 6, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, meraih suara terbanyak dalam Pilkada 15 Februari 2017 lalu. Berdasarkan hasil pleno KIP Aceh pada, 25 Februari 2017, pasangan ini meraih sebanyak 898.710, unggul atas lima pasangan calon lainnya. Namun, penetapan kemenangan pasangan ini tertunda menyusul adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi yang diajukan oleh pasangan cagub/cawagub Aceh nomor 5, Muzakir Manaf-TA Khalid.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi saat diwawancarai Serambi Selasa (4/4) mengatakan, setelah putusan MK kemarin, maka kewajiban KIP Aceh selaku penyelenggara adalah melanjutkan tahapan berikutnya. “Tahapan berikutnya penetapan calon terpilih, kemarin kan sempat terhenti karena ada gugatan ke MK,” kata Ridwan Hadi.

Sesuai dengan tahapan, jika ada gugatan atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke MK, maka kepala daerah terpilih akan ditetapkan oleh penyelenggara paling telat tiga hari setelah adanya keputusan dari MK. “Maka untuk gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih kita tetapkan pada Jumat 7 April nanti. Kita ambil hari ketiga, batas terakhir setelah adanya keputusan hari ini (kemarin-red) dari MK,” sebutnya.

Terkait di mana tempat akan diselenggarakan rapat pleno penetapan gubernur wakil gubernur terpilih nanti, hingga tadi malam Ridwan Hadi belum bisa memastikan. Namun pihaknya berencana akan menyelenggarakan tahapan terakhir tersebut di Hotel Hermes Banda Aceh.

“Kita berencana mengadakannya di Hermes, karena di sana mungkin dari segi pengamanan akan lebih mudah. Tapi ini belum pasti, kita akan menggelar rapat koordinasi besok (hari ini-red),” sebutnya.

Dalam rapat pleno nanti, KIP Aceh akan turut mengundang semua pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh yang telah berkompetisi pada Pilkada 15 Februari lalu. Selain itu, KIP juga akan mengundang partai politik yang ada di Aceh, unsur Forkopimda Aceh, dan beberapa tamu undangan lainnya. “Acara kita rencanakan pagi sebelum Jumat, semoga tidak ada halangan dan semuanya berjalan lancar,” demikian Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi.(dan) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id