Warga Blang Sukon Tuntut Keuchik Mundur | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Blang Sukon Tuntut Keuchik Mundur

Warga Blang Sukon Tuntut Keuchik Mundur
Foto Warga Blang Sukon Tuntut Keuchik Mundur

* Lindungi Anaknya yang Kedapatan Mesum

MEUREUDU – Puluhan warga bersama tuha peut dan ketua pemuda Gampong Blang Sukon, Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya, Senin (3/4) mendatangi kantor camat setempat untuk menuntut keuchik gampong mereka, M Yunus mundur dari jabatannya.

Tuntutan ini mencuat karena M Yunus dinilai bersikap diskriminatif, dengan melindungi anaknya yang kedapatan melakukan mesum, dari hukum adat yang seharusnya diterima oleh anaknya yang telah berbuat kesalahan. Selain itu, warga juga mempersoalkan pengelolaan dana gampong yang tidak transparan oleh keuchik dimaksud.

Kedatangan warga gampong pedalaman di Kecamatan Bandarbaru itu, diterima Camat setempat Drs Muhammad, Kapolsek Bandarbaru AKP Agus Priadi, dan staf Koramil Bandarbaru, Koptu SE Harahap.

“Keuchik M Yunus menolak hukuman terhadap anaknya yang kedapatan mesum. Padahal ini sudah menjadi hukum adat, bagi setiap orang yang kedapatan melakukan mesum harus dimandikan di depan umum. Selain itu, kami juga mempersoalkan masalah keuangan gampong yang tidak transparan,” kata tuha peut gampong tersebut, Tgk M Gade Hasyim. Ia pun menagih janji M Yunus yang pernah mengucapkan ikrar siap mundur jika masyarakat tidak mempercayainya lagi.

Ketua pemuda gampong tersebut, Zulfikar, menambahkan bahwa orang lain kedapatan melakukan mesum di gampong ini, selalu mendapat sanksi dimandikan oleh warga. “Namun saat kebetulan anak keuchik M Yunus yang melakukan mesum, keuchik tidak mau menjalankan sanksi tersebut. Hal ini jelas merupakan tindakan diskriminatif,” ujarnya.

Camat Bandarbaru, Drs Muhammad bersama Kapolsek, AKP Agus Priadi, berjanji akan menyampaikan tuntutan warga ini kepada Bupati Pijay. Termasuk aspirasi terkait pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) yang dinilai tidak transparan.

“Jika memang keuchik bermasalah dengan dana gampong, maka harus diambil tindakan tegas. Tapi masyarakat juga harus sabar menunggu proses pemeriksaan dan pembuktian terhadap dugaan tersebut

Keuchik Blang Sukon, M Yunus yng dikonfirmasi Serambi secara terpisah, Senin (3/4) mengatakan, dirinya siap mengundurkan diri jika terbukti melakukan kesalahan yang bertentangan dengan aturan, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan gampong.

“Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) keuangan akan saya sampaikan. Namun persoalan ini sebenarnya hanya gara-gara persoalan adat yang tidak terlaksana, dan warga mengalihkannya pada persoalan keuangan gampong, dan menuntut saya mengundurkan diri,” jelasnya.(c43) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id