Perlu Program Pemutihan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Perlu Program Pemutihan

Perlu Program Pemutihan
Foto Perlu Program Pemutihan

ASISTEN III Setda Aceh, Kamaruddin Andalah mengapresiasi program Elektronik, Registrasi, Indentifikasi (ERI) terpusat, Elektronik Samsat (e-Samsat), dan Samsat Desa yang akan dilaksanakan Koorlantas Pusat, Dirlantas Polda Aceh, Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, dan PT Jasa Raharja dalam waktu dekat ini. Kamaruddin menilai program yang dimaksudkan untuk lebih memaksimalkan pelayanan Samsat kepada wajib pajak/masyarakat, sangat baik.

“Supaya program itu mendapat sambutan yang besar di tengah masyarakat, perlu dibuat program pemutihan atau pengampunan tunggakan pajak kenderaan bermotor secara bervariasi,” kata Kamaruddin Andalah dalam pertemuan di Kantor Samsat Lhokseumawe, Jumat (31/4).

Kamaruddin mengatakan, pengampunan atau pemutihan tunggakan pajak kenderaan bermotor secara bervariasi, diberikan batas waktu tiga sampai enam bulan. “Cara pemberian pengampunan atau pemutihan bagi yang menunggak kenderaan bermotor, diberikan menurut tahun keluaran sepeda motor maupun mobil,” ujarnya.

Dengan adanya program pemutihan dan potongan pajak kenderaan yang tertunggak itu, kata Kamaruddin, bisa mendorong pemilik kenderaan sepeda motor maupun mobil, datang ke Kantor Samsat di Desa, Mobil Samsat dan Kantor Samsat di kabupaten/kota, untuk membayar kembali pajak kenderaannya.

Program pemutihan tunggakan pajak kenderaan bermotor (PKB), kata Kamaruddin, sudah pernah dilaksanakan pada masa Kepala Dinas Pendapatan Aceh, Idrus Hayat beberapa waktu lalu. Hasilnya cukup lumayan, menambah jumlah kenderaan bermotor yang bayar pajak mencapai puluhan ribu unit. “Penerimaan pajak Aceh dari sumber PKB pun meningkat tajam,” kata Kamaruddin.

Kecuali itu, Kamaruddin juga mengimbau kepada masyarakat Aceh yang masih menggunakan kenderaan plat non-BL, untuk memutasikan ke plat BL. “Biaya mutasinya harus digratiskan. Hanya dikenakan biaya PKB tahun berjalan dan administrasi. Misalnya biaya formulir, plat BL dan lainnya,” ujarnya

Cara ini, menurut Kamaruddin, bisa menggugah hati masyarakat Aceh yang bertempat tinggal di wilayah hukum Aceh, untuk mengalihkan kenderaan prbadinya yang masih berplat non-BL ke BL. (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id