Santunan Kecelakaan Akan Naik 100 Persen | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Santunan Kecelakaan Akan Naik 100 Persen

Santunan Kecelakaan Akan Naik 100 Persen
Foto Santunan Kecelakaan Akan Naik 100 Persen

PADA pertengahan tahun ini, menurut informasinya Menteri Keuangan Sri Mulyani, akan menaikkan pembayaran santunan klaim kecelakaan bagi pemilik kenderaan yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya. Persentase kenaikan pembayaran santunan diperkirakan ada yang mencapai 100 persen.

Hal itu disampaikan Pinca PT Jasa Raharja Banda Aceh, Herry dalam pertemuan dengan petugas Kantor Samsat di Kantor Samsat wilayah pantai timur dan utara Aceh yang dikunjunginya bersama Dirlantas Polda Aceh, Asisten III SetdaAceh, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Jumat dan Sabtu pekan lalu.

“Kenaikan pembayaran santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas itu, sebagai upaya dari pemerintah untuk meringankan beban korban kecelakaan, baik yang masih dalam masa pengobatan di rumah sakit, perawatan kesehatan, maupun yang meninggal dunia,” kata Herry.

Uang santunan kecelakaan yang diberikan kepada korban kecelakaan yang mengalami luka-luka dan meninggal dunia, bersumber dari pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang terdapat dalam nota pajak kenderaan bermotor yang dibayar wajib pajak, setiap membayar pajak tahunan kenderaannya yang sudah jatuh tempo.

Proses untuk mendapatkan santunan kecelakaan itu, kata Herry, tidak sulit. Korban atau saudara korban menghubungi kantor Jasa Raharja terdekat. Selanjutnya mengisi formulir pengajuan klaim dengan memasukkan laporan kecelakaan dari pihak kepolisian, surat keterangan dari dokter, KTP korban, atau ahli waris korban.

Hak santunan tidak berlaku jika pengajuan dilakukan lebih dari 6 bulan sejak peristiwa kecelakaan. Santunan kecelakaan tidak hanya diberikan kepada perorangan, pengemudi, tapi juga kepada penumpang.

Jika korban mengalami luka-luka, korbannya harus melampirkan kwintansi biaya perawatan dan pengobatan yang asli. Sementara bagi korban meninggal dunia dibutuhkan kartu keluarga atau surat nikah bagi yang sudah menikah.

Herry mengatakan, jumlah santunan kecelakaan yang telah dikeluarkan PT Jasa Raharja di Aceh, dalama lima tahun terakhir (2011-2016) ini mencapai Rp 170 miliar. Ini menunjukkan, dana SWDKLLJ yang dibayar wajib pajak di Aceh, sangat berarti untuk membantu korban kecelakaan yang terjadi di Aceh, baik dirinya maupun orang lain.

Sistem pelayanan pembayaran santunan kecelakaan yang dilakukan PT Jasa Raharja saat ini, dengan pola jemput bola. Mendatangi korban kecelakaan dan membayar santunan secepatnya setelah semua persyaratan dipenuhi. (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id