Pimpinan DPRA: Harus Dipacu, jangan Loyo | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pimpinan DPRA: Harus Dipacu, jangan Loyo

Foto Pimpinan DPRA: Harus Dipacu, jangan Loyo

Wakil Ketua I DPRA, Drs Sulaiman Abda MSi, mengatakan, karena pelaksanaan kegiatan APBA 2016 tergolong sudah terlambat dua bulan, maka dengan telah dibukanya keran pencairan dana kegiatan APBA 2016, ia harapkan bisa segera dimanfaatkan. Terutama oleh Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) untuk mempersiapkan dan memacu pelaksanaan kegiatannya, agar tidak loyo.

Selain itu, Sulaiman Abda bersaran, SKPA yang membuat program dan kegiatan pelatihan, maupun penunjukan langsung (PL), hendaknya dilaksanakan tidak menjelang akhir tahun. “Tapi mulailah sejak Maret ini, minimal sudah ada kegiatan yang dilaksanakan,” kata Sulaiman Abda menjawab Serambi di Banda Aceh, Senin (7/3).

DPRA, kata Sulaiman Abda, merasa heran mengapa SKPA paling doyan melaksanakan kegiatan pelatihan dua bulan menjelang berakhirnya tahun anggaran. Akibatnya, pelaksanaan kegiatannya berupa pelatihan menumpuk pada bulan November-Desember. “Kondisi ini kami nilai sangat tidak sehat. Soalnya, kalau sudah menumpuk pada bulan November dan Desember, maka pelaksanaan pelatihannya tidak maksimal, terlebih kegiatan untuk pelatihan bagi guru, tenaga medis, dan penyuluh,” ujarnya.

Begitu juga untuk kegiatan proyek fisik yang di-PL-kan, terutama untuk pembangunan rumah duafa. Selalu dikerjakan pada November dan Desember.

Karena tak cukup waktu, akhirnya, pada Januari dan Februari DPRA menemukan banyak pekerjaan pembangunan rumah duafa dan proyek fisik lainnya yang belum selesai.

Kebiasaan buruk itu, lanjut Sulaiman Abda, hendaknya diubah. Ggbernur, wakil gubernur bersama inspektorat perlu menegur para SKPA yang sering terlambat melaksanakan kegiatan APBA. Bila sudah ditegur berulang kali, tapi tak ada perbaikan oleh kepala SKPA-nya, maka sebagai solusinya, pejabat yang bersangkutan perlu diganti. (her) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id