Warga Desak Datok Mengundurkan Diri | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Desak Datok Mengundurkan Diri

Warga Desak Datok Mengundurkan Diri
Foto Warga Desak Datok Mengundurkan Diri

KUALASIMPANG – Warga Kampong Rantau Bintang Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang mendesak Datok Penghulu (Kepala desa) mereka, Edi Suryono mengundurkan diri dari jabatan Datok karena dinilai tidak amanah dalam menjalankan tugasnya mengelola dana desa.

Desakan ini ditandatangani 125 warga kampong setempat dengan menguraikan dugaan penyimpangan dana desa, dan surat tersebut disampaikan kepada penegak hukum. Dugaan penyimpangan diuraikan dalam 11 kegiatan, di antaranya kegiatan operasional, pemeliharaan prasarana dan sarana, pengadaan kebun, dan BUMK, dengan nilai total dugaan penyimpangan Rp 258.701.167.

Perwakilan warga, Sabaruddin, M Basyir dan Imanuddin, kepada Serambi, Minggu (2/4) menilai kinerja Edi Suryono tidak sesuai dengan janji saat kampanye pemilihan datok tahun 2015. “Pengelolaan dana desa tidak baik dan transparan, sangat bertentangan dengan pakta integritas yang ditandatanganinya,” kata Sabaruddin.

Karenanya, warga menuntut Edi segera mengundurkan diri dari jabatan datok kampong tersebut. “Apabila tidak segera mengundurkan diri, warga berharap datok diproses secara hukum,” demikian desakan yang ditulis warga dalam surat tersebut.

Datok Penghulu Kampong Rantau Bintang, Edi Suryono yang dikonfirmasi Serambi, membantah tudingan warga. Ia mengatakan, laporan warga tersebut tidak benar dan semua dana yang digunakan untuk pembangun desa mereka sudah dikerjakan dengan baik.

“Kalau mereka menganggap ada penyelewengan dana, ada pihak inspektorat kabupaten yang akan memeriksa. Sampai saat ini tidak ada penyelewengan seperti yang dituduhkan warga,” ungkapnya.

Terkait tuntutan mengundurkan diri, ia mengatakan, kalau menurut pemeriksaan pihak inspektorat kabupaten ada pengelolaan dana yang tidak sesuai aturan, ia menyatakan siap mundur. “Jika apa yang dituduhkan warga ini bisa dibuktikan, saya siap mundur. Namun sampai saat ini saya sudah mengelola dana desa dengan baik, sesuai aturan yang ada,” tegasnya.(md) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id