Hari Ini, 872 Siswa SMK UN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hari Ini, 872 Siswa SMK UN

  • Reporter:
  • Senin, April 3, 2017
Hari Ini, 872 Siswa SMK UN
Foto Hari Ini, 872 Siswa SMK UN

* UN SMA 10 April Diikuti 4.649 Siswa

MEULABOH – Sebanyak 872 siswa di 22 Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya mulai Senin hari ini (3/4) mengikuti ujian nasional (UN). Untuk sembilan SMK di tiga wilayah tersebut menggunakan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan selebihnya menggunakan ujian nasional kertas pensil (UNKP).

Berdasarkan data diperoleh Serambi kemarin dari UPTD Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) Wilayah VII Dinas Pendidikan Aceh di Meulaboh UNBK dan UNKP dilaksanakan mulai hari ini hingga tiga hari ke depan. Soal ujian UNKP dilaporkan sudah tiba kemarin di Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya di bawah pengamanan Polres tiap wilayah. Kepala UPTD PPMG Wilayah VII Dinas Pendidikan Aceh di Meulaboh, Hajidam SH kemarin mengatakan berbagai persiapan UN yang menggunakan UNBK dan UNKP berjalan lancar. Termasuk naskah soal untuk UNKP sudah tiba di Polres masing-masing kabupaten guna diteruskan ke Polsek.

Dia sebutkan untuk UNKP menggunakan sistem pengawasan silang, sedangkan UNBK menggunakan komputer yang terkoneksi ke pusat. Untuk menyukseskan UNBK, pihaknya berkoordinasi dengan PLN dan Telkom sehingga listrik dan jaringan internet tetap normal. “Mulai tahun ini UNBK dan UNKP ditangani Dinas Pendidikan Aceh. Tahun sebelumnya Dinas Pendidikan kabupaten,” ungkapnya.

Kadis Pendidikan Aceh Barat Zulkarnain menyatakan, meski UN sudah menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Aceh, tetapi kabupaten tetap mendukung sehingga UN untuk SMK yang dimulai Senin (3/4) berjalan lancar.

Sementara Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo Nugroho melalui Kasat Intelkam AKP Hyrowo menyatakan, naskah soal UNKP yang tiba di kabupaten telah diamankan hingga pendistribusiannya ke Polsek bersama Dinas Pendidikan. “Pengaman ini kita lakukan agar UN berjalan aman,” katanya.

Untuk Aceh Barat, jumlah siswa SMK mengikuti UN sebanyak 587 orang tersebar di 11 SMK dengan rincian 4 SMK menggunakan sistem UNBK meliputi SMKN 1 Meulaboh, SMKN 2 Meulaboh, SMKN 3 Meulaboh dan SMKN 1 Kaway XVI. Sedangkan selebihnya UN menggunakan sistem manual atau UNKP.

Sedangkan Aceh Jaya jumlah siswa SMK yang mengikuti UN sebanyak 135 orang tersebar di tujuh SMK dengan rincian satu SMK menggunakan sistem UNBK yakni SMKN 1 Calang dan selebihnya menggunakan sistem manual atau UNPK.

Sementara Nagan Raya jumlah siswa SMK yang mengikuti UN sebanyak 150 orang di empat SMK yang semua SMK tersebut sudah menggunakan sistem UNBK. Yaitu SMKN 1 Nagan Raya, SMK Darma Shalihat, SMK Almar, dan SMKN1 Kuala Pesisir.

Kepala UPTD PPMG Wilayah VII Dinas Pendidikan Aceh di Meulaboh, Hajidam menambahkan untuk UN siswa SMA/MA akan diadakan pada Senin (10/4) pekan depan. Pelaksanaan UN juga menggunakan sistem UNBK dan UNKP.

Sedangkan jumlah siswa SMA/MA yang akan ikut UN dalam tiga kabupaten wilayah kerjanya mencapai 4.649 siswa. Rinciannya Aceh Barat 2.087 siswa tersebar di 29 SMA/MA. Sebanyak lima SMA mengunakan UNBK yaitu SMAN 1 Meulaboh, SMAN 3 Meulaboh, SMAN 4 Wira Bangsa, SMAN 1 Kaway XVI dan SMAN 2 Meureubo.

Sedangkan Aceh Jaya 827 siswa tersebar di 18 SMA/MA dan yang menggunakan UNBK hanya SMAN 1 Calang. Sementara Nagan Raya jumlah siswa yang ikut UN mencapai 1.735 orang tersebar di 20 SMA/MA dan semuanya sudah menggunakan sistem UNBK (riz) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id