Gedung PAUD Senilai Rp 300 Juta Telantar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gedung PAUD Senilai Rp 300 Juta Telantar

Gedung PAUD Senilai Rp 300 Juta Telantar
Foto Gedung PAUD Senilai Rp 300 Juta Telantar

SIGLI – Warga Kecamatan Glumpang Tiga, Pidie, melaporkan bahwa gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dibangun empat tahun lalu di Gampong Bili Aron, hingga kini tidak difungsikan. Sehingga bangunan mewah itu kini telantar.

M Adam MPd (51) pemerhati pendidikan yang juga warga Kecamatan Glumpang Tiga, Minggu (2/3), mengatakan fasilitas bangunan gedung permanen, pagar, dan sarana bermain di PAUD Gampong Bili Aron yang dibangun tahun 2012 lalu, kini kondisinya memprihatinkan akibat tak difungsikan. “Sementara, ada PAUD dengan fasilitas serba minim seperti belajar di kolong rumah yang eksis menggelar proses belajar mengajar, malah kurang mendapat perhatian,” ujarnya.

Data diperoleh Serambi, pembangunan fasilitas pendidikan bagi anak usia dini itu menguras dana Rp 300 juta bersumber dari APBK Pidie tahun 2012. PAUD ini merupakan binaan Dinas Pendidikan (Disdik) Pidie, dan dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk program PAUD di Pidie sangat melimpah selama beberapa tahun terakhir. Seperti untuk tahun 2017, Pidie mendapat dana Rp 3,6 Miliar untuk anggaran operasional PBM di 219 PAUD/TK. Namun sangat disayangkan, fasilitas yang ada malah ditelantarkan. “Pemkab Pidie harus segera memfungsikan PAUD Gampong Bili Aron, agar tidak menjadi aset yang mubazir,” sarannya.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD di Disdik Pidie, Mustafa SPd, Minggu (2/4) mengatakan, pihaknya belum mengetahui persis adanya fasilitas PAUD di Gampong Bili Aron tersebut, sebab pembangunannya dilakukan tahun 2012, saat dirinya belum menjabat.

“Saya segera mengecek dokumen resminya apakah pembangunan PAUD itu dibangun melalui dana APBK atau APBA. Pada intinya saya juga tak mau membiarkan fasilitas gedung ini mubazir,” jelasnya.

Mustafa berjanji segera memanggil Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sebelumnya, untuk mengkaji serta mencari penyebab kenapa gedung PAUD Bili Aron itu tidak difungsikan. “Disdik Pidie, tetap komit menghidupkan fungsi sekolah PAUD di Gampong Bili Aron, Glumpang Tiga tersebut,” tukasnya.(c43) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id