Ghazali Abbas: Adan “Memajukan Pulau Aceh Perlu Perhatian Khusus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ghazali Abbas: Adan “Memajukan Pulau Aceh Perlu Perhatian Khusus

Ghazali Abbas: Adan “Memajukan Pulau Aceh Perlu Perhatian Khusus
Foto Ghazali Abbas: Adan “Memajukan Pulau Aceh Perlu Perhatian Khusus

Anggota DPD RI asal Aceh Drs H Ghazali Abbas Adan meminta kepada pemerintah untuk memberi perhatian khusus kepada kawasan di Pulau Aceh, Kab. Aceh Besar. Pasalnya saat ini di daerah yang terdiri dari 3 kemukiman dan 17 gampong tersebut masih sangat minim pembangunannya serta belum memiliki fasilitas yang memadai.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ghazali Abbas Adan menanggapi keluhan-keluhan yang disampaikan oleh tokoh masyarakat di Kec. Pulau Aceh, Kab. Aceh Besar saat melakukan kunjungan kerja ke Gampong Rinon, Kemukiman Pulau Breueh Utara, Kec. Pulau Aceh, Kab. Aceh Besar beberapa waktu yang lalu.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk sosialisasi eksistensi dan tupoksi DPD RI serta dalam rangka monitoring penggunaan dana desa. Dalam pertemuan itu turut di hadiri oleh Kepala Mukim, Keuchik Gampong dan tokohpemuda serta tokoh masyarakat.

Sebelumnya kedatangan Wakil Komite IV DPD RI ini telah di tunggu oleh masyarakat setempat di bibir pelabuhan. Penyambutannya pun terasa istimewa, betapa tidak sesaat setelah turun dari boat yang ditumpanginya, Mantan Abang Jakarta ini langsung di payungi dengan payong kuneng linto baro, lalu dipakaikan kupiah meukutop dan terakhir di peusijuek oleh tokoh agama setempat.

Adapun keluhan yang disampaikan tokoh masyarakat diantaranya akses informasi yang sangat tertutup, media cetak yang tidak ada dan jaringan handphone yang tidak bagus. Selain itu guru yang mengajar sangat terbatas serta tenaga kesehatan yang belum memadai.

Tak hanya itu masyarakat juga meminta kepada Pemerintah untuk membangun Taman Kanak- Kanak (TK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), menambah jumlah guru (diprioritaskan warga setempat) dan membangun jalanjalan penghubung antar desa. “kami juga sangat berharap agar Pak Ghazali Abbas Adan dapat memperjuangkan melalui Kementerian Desa supaya dana desa itu juga dapat digunakan untuk pembangunan mesjid dan meunasah, mengingat Aceh telah berlaku syariat Islam.

Dan juga rapat-rapat sering dilaksanakan di tempat tersebut,” ungkap tokoh masyarakat. Sementara itu Anggota DPD RI asal Aceh Drs H Ghazali Abbas Adan mengungkapkan salah satu Tupoksi DPD RI adalah melakukan pengawasan terhadap pembangunan, disamping fungsi legislasi dan anggaran. Wakil Ketua Komite IV DPD RI ini menambahkan kunjungannya tersebut juga untuk memonitoring terkait dengan penyaluran dan penggunaan dana desa, sampai sejauh mana pelaksanaannya dan kendala yang dihadapi.

Dan semua keluhan dari masyarakat tersebut akan menjadi masukan yang sangat berharga bagi dirinya, dan selanjutkan akan ia teruskan kepada pihak-pihak yang berwenang. “terkait dengan permintaan agar dana desa juga dapat digunakan untuk pembangunan sarana ibadah seperti Mesjid dan Meunasah serta pelatihan aparatur gampong dengan menggunanakan anggaran dari pusat, maka Insya Allah hal tersebut akan saya sampaikan dalam Rapat Kerja DPD RI dengan Kementerian Desa di Senayan. Semoga saja harapan kita ini dapat dikabulkan,” tutup Ghazali Abbas. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id