Mencampur-adukkan Hak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mencampur-adukkan Hak

Mencampur-adukkan Hak
Foto Mencampur-adukkan Hak

Oleh Jarjani Usman

“Dan janganlah mencampuradukkan yang hak dengan yang batil dan janganlah sembunyikan yang hak itu, sedangkan kamu mengetahui” (QS. al-Baqarah: 42).

Dunia ini diciptakan begitu indah dalam pandangan manusia, sehingga diperebutkan siang dan malam. Kekuasaan diperebutkan dengan cara yang begitu dahsyat, karena dengannya bisa menguasai banyak hal. Termasuk menguasai harta dunia.

Karena ingin menguasai harta dunia, kadangkala sebahagian orang yang berkuasa memang bukan merubah isi kitab, tetapi mempermainkan hukum. Kalau untuk rakyat kecil, misalnya, hanya diberikan sedikit walaupun semua program diatasnamakan untuk kepentingan rakyat. Sedangkan untuk orang-orang yang dititipkan kekuasaan sendiri tergantung hasratnya. Katanya, itu sudah sesuai hukum yang berlaku. Padahal yang membuat dan mengesahkan hukum juga mereka sendiri.

Hati-hatilah, karena yang demikian juga (berpeluang) termasuk dalam perbuatan mencampur-adukkan kebenaran dengan kebatilan. Sebab, tujuan awal yang begitu mulia, yaitu untuk mengurus urusan-urusan rakyat, malah berubah menjadi sebaliknya. Yaitu menjadi orang-orang yang minta diurus hawa nafsunya, meskipun hanya sedikit bekerja untuk rakyat.

Allah maha tahu segalanya, termasuk niat dan perbuatan kita sebagai makhlukNya. Karena itu, hendaknya kita menjaga diri dari perbuatan mencampur-adukkan yang hak dengan yang batil. (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id