AI Menyerah ke Kodam IM | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

AI Menyerah ke Kodam IM

AI Menyerah ke Kodam IM
Foto AI Menyerah ke Kodam IM

* Tersangka Kasus Peunaron Bertambah

BANDA ACEH – Kasus penembakan di Gampong Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur pada 5 Maret 2017 mulai memunculkan fakta baru setelah salah satu tersangka berinisial AI alias Ln (31) menyerahkan diri.

Dengan menyerahnya AI, hingga saat ini ada tiga tersangka yang ditahan polisi. AI menyerahkan diri ke Detasemen Intelijen (Denintel) Kodam Iskandar Muda, Kamis 30 Maret 2017.

AI diketahui sebagai warga Dusun Paya Mane, Desa Teumpeun, Kecamatan Peureulak Barat, Aceh Timur. Ia mengaku terlibat dalam aksi penembakan yang melukai Juman dan Misno, warga Gampong Peunaron Baru.

Saat menyerahkan diri, AI turut membawa sepucuk senjata laras panjang plus satu magasin dan 20 butir amunisi aktif berkaliber 5,56 mm.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan yang diwawancarai Serambi, kemarin, membenarkan hal tersebut. Ia juga menyebutkan, AI yang telah menyerahkan diri tersebut langsung diserahkan oleh pihak Kodam IM ke Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Aceh untuk diproses secara hukum.

Menurut Goenawan, pihak Kodam IM menyerahkan AI ke Dit Reskrimum pada Jumat 31 Maret 2017 sekira pukul 17.00 WIB. “Dia (AI) terlibat dalam penembakan terhadap korban atas nama Juman dan Misno di Gampong Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur 5 Maret lalu,” kata Goenawan.

Goenawan menjelaskan, pascainsiden penembakan itu, AI menyembunyikan diri di kawasan hutan di Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur. Belakagan, AI menghubungi tiga orang, meminta untuk memfasilitasi dirinya menyerahkan diri kepada aparat keamanan. “Dia datang ke Kodam IM lalu menyerahkan diri, ini berkat fasilitasi tiga orang itu yang tidak bisa kita sebutkan namanya,” kata Goenawan.

Untuk diketahui, sebelumnya, pihak Direskrimum Polda Aceh bersama personel Polres Aceh Timur, telah menciduk dua dari empat pelaku yang diduga terlibat dalam aksi penembakan tersebut. Keduanya tercatat sebagai warga Aceh Timur yaitu AR (31) penduduk Desa Kabu, Kecamatan Peureulak Barat dan MJ (30) penduduk Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak. AR dan MJ ditangkap, Minggu 19 Maret 2017.

Saat penangkapan AR dan MJ, masih ada dua lagi tersangka yang diburu oleh tim lapangan. Kedua pelaku yang masih buron itu adalah C dan Z yang ditengarai berperan sebagai eksekutor penembakan. Sedangkan yang menyerahkan diri bukan C atau Z yang sebelumnya diburu polisi. Itu artinya, pelaku dalam kasus tersebut bertambah menjadi lima orang, karena masuknya AI sebagai tersangkat baru yang sebelumnya tidak pernah disebutkan pihak kepolisian. “C dan Z hingga saat ini masih DPO, masih dikejar, tim masih di lapangan,” sebutnya.

Lantas, siapa sebenarnya AI yang menyerahkan diri ke pihak TNI itu, apakah dia juga menjadi eksekutor dalam insiden penembakan. Menurut Goenawan, pengakuan sementara AI ikut serta dalam aksi penembakan malam itu. Meski AI juga menyerahkan senjata saat ia menyerahkan diri ke Kodam IM, namun Goenawan belum mau menjelaskan secara rinci sejauh mana keterlibatan AI dalam kasus tersebut.

“Dia menemani eksekutor, dia ikut serta. Ini masih diperiksa, senjata siapa dan untuk apa. Udah itu saja dulu, nanti akan kita update lagi ya,” pungkas Goenawan.

Sebagaimana diketahui, pada 5 Maret 2017 terjadi penembakan oleh orang tak dikenal di rumah Juman (50) tepatnya di Gampong Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Aceh Timur. Para pelaku menyasar Juman, salah seorang kader Partai Nasional Aceh (PNA). Insiden penembakan itu diduga kuat ada kaitannya dengan pilkada di kabupaten tersebut.

Juman terkena timah panas di bagian leher, sehingga harus dilarikan ke RSUZA Banda Aceh hari itu juga. Tak hanya Juman, aksi penembakan itu juga memakan korban lainnya, yaitu Misno (35) yang tak lain adalah tetangga Juman. Misno terkena peluru di bagian perut. Beruntung, keduanya selamat setelah mendapat perawatan intensif di RSUZA. (dan) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id