Dinsos Aceh Latih Petugas Psikososial | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dinsos Aceh Latih Petugas Psikososial

Dinsos Aceh Latih Petugas Psikososial
Foto Dinsos Aceh Latih Petugas Psikososial

BANDA ACEH – Dinas Sosial (Dinsos) Aceh, 30 Maret-2 April 2017 mengadakan pelatihan petugas psikososial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) termasuk korban bencana. Pelatihan yang berlangsung di Hotel Grand Aceh Syariah Banda Aceh itu dibuka Kadis Sosial Aceh, Drs Alhudri MM, kemarin.

Dalam sambutannya, Alhudri mengatakan, petugas psikososial sangat penting dalam hal penanggulangan bencana. Sebab, warga yang terkena musibah bencana sangat membutuhkan pelayanan psikososial untuk memulihkan atau mengembalikan keadaan psikologisnya seperti semula. Mereka, menurut Alhudri, sudah kehilangan segalanya, termasuk harta benda. “Karenanya, mereka perlu diberikan pelayanan tepat, sigap, dan tanggap dalam pemenuhan kebutuhan dasar, supaya bisa bertahan hidup,” ujarnya.

Alhudri mengajak peserta untuk menjadikan pelatihan itu sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas sebagai petugas psikososial yang andal. “Dengan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang dukungan psikososial, pelayanan yang dibutuhkan masyarakat akan terjawab di lokasi penanggulangan bencana,” ungkap Alhudri.

Ia juga berharap peserta pelatihan yang merupakan anggota taruna siaga bencana (tagana) dari kabupaten/kota dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Terlebih lagi, tambah Alhudri, tagana merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam penanggulangan bencana. “Setelah mengikuti kegiatan ini, kami harapkan forum tagana se-Aceh bisa menjadi personel yang tangguh, terampil, terlatih, dan siap dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana baik pada masa kesiapsiaagaan, tanggap darurat, dan pascabencana,” pungkas Alhudri.

Ketua Panitia, Abdussalam SSos MSi dalam laporannya menyebutkan, peserta pelatihan itu berjumlah 25 orang yang berasal dari anggota tagana kabupaten/kota se-Aceh. Narasumber yang diundang, sebutnya, terdiri atas narasumber tenaga ahli satu orang dari unsyiah serta lima narasumber yang masing-masing berasal dari Universitas Muhammadiyah Aceh satu orang, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak satu orang, serta dari Dinsos Aceh tiga orang.

Adapun tujuan pelatihan itu, sebut Abdussalam, yaitu untuk mengembangkan kapasitas petugas dalam penanggulangan bencana khususnya tentang dukungan psikososial. Sehingga mampu memahami tentang dukungan psikososial dan dapat memberikan pelayanan dengan baik kepada PMKS termasuk korban bencana

Ditambahkan, pelatihan itu dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan FGD. “Output yang kita harapkan adalah, dengan meningkatnya kapasitas dan keahlian petugas psikososial, maka risiko bencana terkait psikologis dapat diminimalisir,” demikian Abdussalam SSos MSi yang juga Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Aceh.(jal) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id