Warga Berdelegasi ke Kantor Camat Babahrot | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Berdelegasi ke Kantor Camat Babahrot

Warga Berdelegasi ke Kantor Camat Babahrot
Foto Warga Berdelegasi ke Kantor Camat Babahrot

* Sampaikan Aspirasi Soal Pelantikan Pj Keuchik

BLANGPIDIE – Warga Desa Alue Dawah diwakili sejumlah tokoh berdelegasi ke Kantor Camat Babahrot, Kabupaten Abdya, Jumat (31/3). Mereka menyampaikan aspirasi tentang penolakan pengangkatan M Freddy Sitinjak sebagai Penjabat (Pj) Keuchik Periode 2017-2018 sebagai mana isi surat yang disampaikan kepada bupati Abdya.

Informasi diperoleh Serambi bahwa delegasi warga diwakili enam tokoh masyarakat Desa Alue Dawah yang baru mendapat status gampong definitif. Mereka terdiri atas Asri, Satria, Tgk Zahrin, Ubat P, Zulkarnaini R dan Zulfahmi. Kedatangan mereka diterima Camat Babahrot, Drs Alharis di ruang kerjanya. Tokoh masyarakat mewakili warga kepada Camat Babahrot menyampaikan aspirasi warga tentang penolakan pengangkatan M Freddy Sitinjak sebagai Pj Keuchik Gampong Alue Dawah.

Alasannya, masyarakat Desa Alue Dawah tidak pernah mengusulkan M Freddy Sitinjak sebagai Pj Keuchik, tetapi tiba-tiba nama bersangkutan diangkat sebagai Pj keuchik, dan dilantik camat Babahrot, 15 Meret lalu. Perwakilan warga Asri kepada Serambi menjelaskan dalam pertemuan itu pihaknya juga menyampaikan tindak arogan M Freddy Sitinjak karena tidak lama setelah dilantik, yang bersangkutan segera mengganti aparatur gampong, seperti Sekdes), bendahara, Kepala Dusun (Kadus) tanpa proses musyawarah dengan masyarakat.

Camat Babahrot, Drs Alharis kepada Serambi kemarin mengaku telah menerima perwakilan sejumlah warga Desa Alue Dawah. Menanggapi aspirasi yang disampaikan warga, Camat pada kesempatan itu menjelaskan bahwa usulan Pj Keuchik Alue Dawah diajukan dua orang kepada Bupati Abdya yaitu M Irwan (Plh Keuchik Alue Dawah) dan M Freddy Sitinjak.

“Kewenangan mengangkat Pj keuchik berada pada Bupati Abdya dengan memilih satu dari dua orang yang kita usulkan,” kata Camat Alharis. Ada pun usulan dua calon Pj Keuchik Alue diakui camat bahwa bukan dari usulan masyarakat setempat karena tidak ada petunjuk seperti itu. Sedangkan tindakan Pj Keuchik Alue Dawah M Freddy Sitinjak mengganti aparatur Gampong Alue Dawah disesalkan oleh Camat Babahrot karena dinilai bisa memicu konflik.

“Saya sebenarnya telah mewanti-wanti Pj Keuchik yang dilantik bahwa apatarur gampong yang telah dibentuk agar dipertahankan karena jabatan Pj keuchik bersifat sementara. Kalau pun diganti supaya dilakukan melalui musyawarah masyarakat. Tanpaknya, apa yang telah kami disampaikan tak didengar Pj keuchik setempat,” kata Camat Alharis.

Agar persoalan tersebut tidak berlarut-larut, Camat Alharis berjanji segera berkoordinasi dengan anggota Muspika (Danramil dan Kapolsek) untuk menggelar musyawarah dengan warga Desa Alue Dawah.(nun) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id