Petani Leuser Minta Kelola Hutan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Petani Leuser Minta Kelola Hutan

Petani Leuser Minta Kelola Hutan
Foto Petani Leuser Minta Kelola Hutan

KUTACANE – Persatuan Petani Kawasan Kaki Gunung Leuser (PPKK-GL) Aceh Tenggara meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memberi izin mengelola hutan, sekaligus memanfaatkannya, terutama yang telah ditanami petani.

Ketua PPKK-GL, Muslim kepada Serambi, Jumat (31/3) mengatakan pemerintah pusat harus merubah kawasan Leuser dekat pemukiman penduduk sebagai zonasi pemanfaatan secara tradisional. Dikatakan, hal itu untuk mempermudah petani mengambil hasil dari pohon yang telah ditanam di kawasan tersebut.

“Hutan sebagai sumber kehidupan harus dikelola dengan baik dan seimbang, artinya masyarakat dapat menjaga dan mengelola hutan, tanpa merusak lingkungan,” katanya. Disebutkan, sejumlah petani telah menanam tanaman keras di area hutan yang telah gundul akibat pembalakan liar yang juga masih marak sampai saat ini, akibat lemahnya pengawasan.

Muslim mencontohkan, tanaman buah yang ditanami petani juga sebagai kegiatan penghijauan, sekaligus memberi nilai tambah bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian keluarga. Menurut dia, konflik berkepanjangan antara petani kaki Gunung Leuser dengan pihak Balai Taman Nasional Gunung Leuser (BTNGL) harus diakhiri.

“Kami berharap, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dapat berubah zona inti jadi zona tradisional, sehingga petani dapat menanami dan mengelola hasil hutan dengan berimbang, “pinta Muslim. Dia mengungkapkan, perambahan hutan masih marak, bahkan seperti adanya pembiaran.

“Dengan adanya izin pemanfaatan hutan oleh masyarakat, maka petani tidak lagi berkonflik dengan petugas TNGL, bahkan ikut menjaga hutan lindung dari upaya perusakan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” harapnya.(as) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id