Waduk Paya Laot Jebol, Sawah Terendam | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Waduk Paya Laot Jebol, Sawah Terendam

  • Reporter:
  • Sabtu, April 1, 2017
Waduk Paya Laot Jebol, Sawah Terendam
Foto Waduk Paya Laot Jebol, Sawah Terendam

BIREUEN – Waduk Paya Laot, Kecamatan Peudada, Bireuen, jebol sepanjang 30 meter lebih pada 25 Februari 2017. Hingga kemarin, kerusakan waduk belum ditangani, sehingga mengakibatkan sawah-sawah petani di kawasan itu terendam. Jika tidak segera ditangani, petani dipsatikan tak bisa memanen padi.

Zakaria, warga Pucok Alue, kepada Serambi, Jumat (31/3) mengatakan, waduk tersebut jebol saat banjir pada 25 Februari lalu. Masyarakat setempat berupaya menutup waduk yang jebol tersebut dengan sistem swadaya agar air tidak meluap ke sawah.

Namun, penimbunan yang dilakukan warga kurang sempurna sehingga air merembes ke sawah. “Sekitar 10 hari lagi petani akan panen, tapi sampai sekarang air masih merendam sawah. Kalau terus terendam bagaimana kami mau panen,” katanya. Ia berharap dinas terkait dapat memperbaiki kerusakan waduk tersebut.

Camat Peudada, M Hasan mengatakan kerusakan waduk itu sudah ia sampaikan kepada Pemkab Bireuen, dinas terkait dan Badan Penanggulangan Bencana Daeerah (BPBD) Bireuen. “Karbarnya sudah ada anggaran untuk penanganan, namun belum bisa dilakukan karena menunggu proses administrasi,” ujarnya.

Waduk Paya Laot, kata Camat, dibangun untuk menampung air untukdialirkan ke ratusan hektare sawah mulai dari Desa Pucok Alue, Pulo Ara, Karing, Paya, Pulo Lawang, Blang Geulumpang, Geulumpang Baro, Ikue Alue dan Blang Bati.(yus) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id