Saber Pungli Tangkap Honorer Dishub | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Saber Pungli Tangkap Honorer Dishub

Saber Pungli Tangkap Honorer Dishub
Foto Saber Pungli Tangkap Honorer Dishub

LHOKSEUMAWE – Tim sapu bersih pungutuan liar (Saber Pungli) Polres Lhokseumawe, menangkap pria berinisial Zai, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Utara, karena diduga melakukan pungli pada angkutan umum di Terminal Geudong, Kecamatan Samudera Geudong, Kamis (30/3) pukul 15.30 WIB. Polisi mengamankan uang sekitar Rp 400 ribu.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman, melalui Kasat Reskrim AKP Yasir SE, Jumat (31/3) mengatakan, sebelum menangkap, petugas memantau aktivitas Zai di Terminal Geudong. Ia mengutip uang dari angkutan umum tanpa memberikan karcis resmi. Saat ditangkap, tim juga mengamankan uang yang merupakan hasil kutipan dari angkutan umum.

Saat diperiksa di Mapolres Lhokseumawe, kata AKP Yasir, Zai mengatakan ia harus mampu mengumpulkan uang Rp 120 ribu per hari. Setiap pekan harus distor ke atasannya di Dishub. Artinya, setiap bulan Zai yang merupakan honorer itu harus mendapatkan uang Rp 3,6 juta. “Kata dia kalau tidak mencapai target, gajinya akan dipotong,” ungkap Yasir.

Yasir menambahkan, untuk sementara Zai tidak ditahan dan belum ditetapkan sebagai tersangka pemerasan. Sebab saat Zai melakukan pungli karena unsur paksaan. “Kita masih dalami kasus ini, sehingga nantinya baru disimpulkan apakah akan diberikan sanksi pidana pada honorer itu atau hanya sanksi administratif,” kata Yasir.

Sementara Kadishub Aceh Utara, Badli mengatakan, selama ini petugasnya kesulitan memberikan tiket retribusi kepada angkutan umum. “Sebab selama ini ada budaya dari pihak angkutan umum, saat melintas di depan terminal hanya melempar uang saja pada petugas,” katanya.

Badli memastikan, petugasnya saat itu tidak melakulan pengutan liar. Karena setiap uang yang ia dapatkan selalu distor untuk dijadikan PAD Aceh Utara.(bah) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id