Lintas Sikalondang Nyaris Putus | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lintas Sikalondang Nyaris Putus

Lintas Sikalondang Nyaris Putus
Foto Lintas Sikalondang Nyaris Putus

SUBULUSSALAM – Puluhan meter badan jalan provinsi pada turunan menjelang Desa Sikalondang, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam kondisinya kritis akibat amblas sejak empat tahun lalu. Pantauan Serambi, Jumat (31/3) badan jalan yang berada dekat Puskesmas Simpang iri itu hampir putus.

Sejumlah warga menyesalkan tidak adanya upaya perbaikan dari Pemerintah Aceh selaku penanggungjawab jalan provinsi Subulussalam-Rundeng. Kondisi jalan yang menjadi urat nadi masyarakat di tiga kecamatan di Kota Subulussalam ini sudah lama rusak parah namun terkesan dibiarkan. ”Sudah parah kali jalannya tapi tak kunjung diperbaiki,” keluh Mera, pengendara di kawasan itu kepada wartawan kemarin.

Kondisi yang tak kalah parahnya terjadi di turunan Sikalondang karena ruas tersebut semakin kritis lantaran saban hari runtuh. Pada kiri kanan badan jalan ini keropos bahkan hampir separuh aspal sudah ambruk. Badan jalan juga sudah membentuk cekungan sehingga meski pada bagian atas masih terlihat utuh namun rawan runtuh lantaran tanah penyangga di bawah miring.

Kerusakan jalan tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas karena kondisinya tepat pada tanjakan sehingga pengendara dari kedua arah bisa hilang kendali. Tak hanya di turunan Sikalondang, puluhan titik badan jalan Provinsi Subulussalam-Rundeng juga mulai kupak-kapik. Di sepanjang jalan terdapat lubang bertebaran sehingga sangat rawan terutama pada malam hari dan musim hujan.

Di beberapa titik terlihat batu jalan yang sudah tidak terbungkus aspal lubang menganga. Akibatnya, kendaraan yang hendak melintas harus ekstra hati-hati dan jika berpapasan dengan kendaraan dari berlawanan salah satunya harus berhenti.

Keluhan atas kondisi jalan rusak ini telah sering disuarakan masyarakat namun hingga kini belum ada tanggapan dari Pemerintah Aceh selaku penanggungjawab. ”Kalau memang provinsi yang berwenang, Pemko Subulussalam yang menyampaikan ke mereka, jangan tunggu ada korban jiwa baru bertindak,” ujar seorang warga.(lid) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id