Wabup Aceh Barat Resmikan Sentra Kerajinan Enceng Gondok | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Wabup Aceh Barat Resmikan Sentra Kerajinan Enceng Gondok

Wabup Aceh Barat Resmikan Sentra Kerajinan Enceng Gondok
Foto Wabup Aceh Barat Resmikan Sentra Kerajinan Enceng Gondok

Laparan Wabup Aceh Barat Resmikan Sentra Kerajinan Enceng Gondok | Meulaboh

URI.co.id, MEULABOH- Wakil Bupati Aceh Barat H Rachmat Fitri HD MPA, Jumat (31/3/2017) siang meresmikan Kecamatan Arongan Lambalek sebagai sentra kerajinan enceng gondok.

Kegiatan tersebut dipusatkan di kantor camat setempat dihadiri Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA, tim Universitas Membangun Desa (UMD) dan tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Penetapan kecamatan Arongan Lambalek Aceh Barat sebagai sentra kerajinan enceng gondok dikarenakan kecamatan ini memiliki sumber daya enceng gondok yang melimpah.

Selain itu sejumlah Kelompok Usaha Produktif (KUP) telah terbentuk dan telah menghasilkan berbagai kerajinan dengan bahan dasar enceng gondok.

Munculnya Kelompok Usaha Produktif di Arongan Lambalek adanya program UMD melalui Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM/KKN) inovatif yang digelar mahasiswa UIN Ar-Raniry di tiga desa  dalam wilayah itu didukung lembaga Kompak (DFAT).

Mahasiswa dibagi dalam tiga gelombang melakukan pendampingan para ibu-ibu untuk melakukan pembentukan KUP mengelar pelatihan pembuatan kerajinan enceng gondok hingga melatih teknik pemasaran produk.

Hasil produksi kerajinan dengan berbagai bentuk yang telah diproduksi ibu-ibu KUP dari 3 desa selama 6 bulan pada Jumat (31/3/2017) dipamerkan dalam expo kerajinan tangan digelar di Kantor Camat Arongan Lambalek.

Rektor UIN mengajak masyarakat untuk kreatif menciptakan produk-produk baru yang bernilai jual dan dapat menambah pendapatan masyarakat.

“UIN akan terus melakukan pendampingan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di  Arongan Lambalek dan Aceh secara keseluruhan,” ujar Farid Wajdi.

Wabup menyatakan Pemkab telah berkomitmen untuk terus menciptakan program-program bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Komitmen ini diwujudkan pemerintah dengan menciptakan berbagai kerjasama dengan sejumlah pihak termasuk UIN untuk terus melakukan program berkesinambungan,” kata Rachmat Fitri.

Tim program UMD UIN Ar-Raniry Prof Eka Srimulyani berharap agar konsep  pemberdayaan seperti ini akan menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya dalam menjalankan program KPM/KKN bagi mahasiswa. (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id