Dinilai Program Sia-sia, Dewan Pijay Desak Alihkan Pengembangan Lahan Sawit | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dinilai Program Sia-sia, Dewan Pijay Desak Alihkan Pengembangan Lahan Sawit

Dinilai Program Sia-sia, Dewan Pijay Desak Alihkan Pengembangan Lahan Sawit
Foto Dinilai Program Sia-sia, Dewan Pijay Desak Alihkan Pengembangan Lahan Sawit


URI.co.id, MEUREUDU – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat mengalihkan program pengembangan lahan kebun sawit di Abah Lueng, Kecamatan Bandarbaru seluas 200 Ha yang menguras anggaran Rp 5 miliar.

Pasalnya, program tersebut dinilai sia-sia saja.

Anggota DPRK asal Kecamatan Bandarbaru, Pijay, Bustami HS kepada URI.co.id, Jumat (31/3/2017) mengatakan, pengembangan lahan sawit di perbukitan Abah Lueng tersebut tidaklah tepat karena untuk kawasan Pijay bukanlah tempatnya.

“Sebenarnya, ada tiga pertimbangan untuk pengembngn lahan sawit yaitu lahan gambut, memiliki curah hujan 250 milimeter, dan ketinggian atau topografi 30 persen,”sebutnya.

Nyatanya tiga fakta itu di Pijay sama sekali tak memenuhi unsur sehingga pengembangan lahan kebun sawit dengan menggunakn anggaran daerah sangatlah tidak sesuai dengan geografis daerah dan jikapun dilanjutkan maka itu telah merugikan bagi daerah itu sendiri.

Maka, sudah sepatutnya program tersebut di alihkan ke program yang lebih pruduktif dan punya dampak langsung terhadap masyarakat Bandarbaru secara umum.

“Karena saya ketahui wilayah Bandarbaru dan sekitarnya pada umumnya penduduk mengantungkan harapan hidup pada sektor petanian tentu saja sangat butuh air dan irigasi,” jelasnya. (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id