Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Masih Minim | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Masih Minim

Foto Pendaftar SNMPTN di Unsyiah Masih Minim

* Pendaftaran Hingga 12 Maret 2016

BANDA ACEH – Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), setelah seminggu masa pendaftaran masih sangat minim. Hingga Senin (7/3) sore, pendaftar baru 7.063 orang. Sebanyak 4.539 orang dari jumlah tersebut menempatkan Unsyiah sebagai PTN pilihan pertama, sementara 2.525 orang lainnya menempatkan Unsyiah sebagai prioritas kedua mereka.

Humas SNMPTN Unsyiah, Dr Ilham Maulana kepada Serambi tadi malam, mengatakan, tahun lalu total pendaftar di Unsyiah melalui jalur bebas tes tulis ini 22.871 orang. Untuk tahun ini, sebutnya, masa pendaftaran masih dibuka hingga Sabtu (12/3) malam. “Namun, kami berharap siswa tak menunggu hingga hari-hari terakhir untuk mendaftar, karena bisa jadi lalu lintas data internet pada saat-saat itu akan sangat padat,” kata Ilham Maulana.

Ilham menyebutkan masing-masing lima lima program studi (prodi) paling favorit pilihan sains dan teknologi (saintek) serta untuk pilihan sosial dan humaniora (soshum) jalur SNMPTN di Unsyiah hingga kemarin. Ia juga menyebutkan prodi paling rendah peminat hingga kemarin.

Unsyiah, lanjut Ilham, mulai tahun ini juga akan menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN untuk empat program studi. Keempat prodi tersebut adalah Prodi Kehutanan, Prodi Teknik Komputer, Prodi Proteksi Tanaman, dan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota. Unsyiah akan menerima 6.580 mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016/2017 melalui tiga jalur yaitu jalur undangan atau SNMPTN, jalur tes tulis atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan jalur mandiri. Masing-masing Prodi baru itu akan menampung 40 mahasiswa baru dari ketiga jalur masuk tersebut.

Ditambahkannya, Unsyiah melalui jalur SNMPTN mempertimbangkan secara khusus kelulusan peserta yang memiliki berbagai prestasi di berbagai bidang, khususnya di bidang olimpiade mata pelajaran, hafalan Alquran, dan olahraga. Karena itu, peserta sebelumnya diminta untuk mengunggah semua bukti prestasi mereka ke laman Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS. (rel/jal) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id