Proses Hukum Perkara Ekonomi Syariah di MS | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Proses Hukum Perkara Ekonomi Syariah di MS

Proses Hukum Perkara Ekonomi Syariah di MS
Foto Proses Hukum Perkara Ekonomi Syariah di MS

BANDA ACEH – Proses hukum perkara ekonomi syariah yang dulunya bisa diselesaikan di Pengadilan Negeri atau Pengadilan Agama, ternyata kini hanya melalui Pengadilan Agama atau di Aceh disebut Mahkamah Syariah (MS). Hal ini menyusul telah terbitnya Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 14 tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi.

Karena itu, MS Aceh kemarin menggelar sosialisasi tata cara penyelesaian perkara ekonomi syariah, beserta sistem peradilan anak di wilayah MS Aceh. Acara di Hotel Mekkah, Banda Aceh ini akan berlangsung hingga hari ini, Jumat (31/3).

Sosialisasi itu guna menyiapkan unsur Mahkamah Syariah dalam menyelesaikan sejumlah perkara ekonomi syariah yang masuk nanti, termasuk masalah peradilan anak.

Adapun peserta acara ini Kepala MS di Aceh, hakim, dan panitera. Sedangkan pematerinya Hakim Agung, Dr H Amran Suadi SH MH, Dr Yasardin MA, Prof Dr Abdul Manan MHum dari Mahkamah Agung RI, serta Ketua Mahkamah Syariah Aceh, Dr Jufri Ghalib MH.

Dr Amran Suadi mengatakan, berdasarkan UU Nomor 21 tahun 2008 perkara syariah dapat memilih penyelesaiannya antara Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri. Namun tahun 2012 keluar aturan MK yang menyatakan menghapus sistem pemilihan peradilan itu, sehingga ditangani oleh Pengadilan Agama (Mahkamah Syariah).(mun) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id