Konsulat Jepang ke Sabang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Konsulat Jepang ke Sabang

Konsulat Jepang ke Sabang
Foto Konsulat Jepang ke Sabang

SABANG – Konsulat General of Japan yang berkedudukan di Medan, Daiki Yokoyama berkunjung ke Kota Sabang, Kamis (30/3). Kehadirannya di kota destinasi wisata itu, untuk mencari potensi membuka hubungan sebagai sister city (kota kembar) antara Kota Sabang, Kota Banda Aceh dan Provinsi Aceh serta Jepang.

Daiki Yokoyama kepada Serambi menyebutkan, sebelumnya dirinya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah Kepala SKPK di lingkungan Setdako Banda Aceh. Selain mengunjungi tempat-tempat bangunan peninggalan Jepang, seperti Benteng Anoi Itam, Bungker di Jalan Diponegoro. Konsulat Japan itu, juga berkunjung ke Dinas Pariwisata, Sekretariat DPRK, Madrasah Ibtidaiyah lokasi Gampong Kota Atas dan SMAN 1 Sabang.

Dalam pertemuan d Madrasah dan SMA 1, Daiki Yokoyama, mempersentasikan tentang kehidupan siswa- siswi di Jepang, memperkenalkan kebudayaan Jepang, serta menceritakan beasiswa Pemerintah Jepang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Jepang bagi siswa siswi Sabang.”Dalam setiap tahunnya putera -puteri Indonesia yang kuliah di Jepang secara gratis berjumlah 100-150 orang,”sebutnya.

Sementara pertemuan dengan DPRK, yaitu diskusi mencari potensi membuka hubungan sebagai sister city, dalam rangka bagaimana memperet hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Jepang yang sudah dibangun sejak 1958, serta menjelaskan skema ekonomi dari Jepang berupa bantuan dana hibah tingkat akar rumput.

Terkait bantuan dana hibah dari Pemerintah Jepang, Yokoyama menyebutkan setiap tahunnya Konsulat Jenderal Jepang di Medan dijatah empat proyek yang masing-masing bernilai maksimal Rp 1 miliar. Target programnya antara lain menyangkut layanan kesehatan dan pendidikan dasar, pengentasan kemiskinan, dan kesejahteraan masyarakat.(az) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id