Masyarakat Demo PT Satya Agung | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Masyarakat Demo PT Satya Agung

Masyarakat Demo PT Satya Agung
Foto Masyarakat Demo PT Satya Agung

LHOKSEUMAWE – Seratusan masyarakat Desa Uram Jalan, Kecamatan Geureudong Pase, Aceh Utara, Kamis (30/3) berunjuk rasa ke PT Satya Agung, salah satu perusahaan perkebunan yang beroperasi di kecamatan itu. Massa menuntut perusahaan itu membangun kebun plasma dan memberi perhatian di bidang sosial kepada masyarakat setempat.

Masyarakat tiba di kantor perusaahan itu pukul 10.00 WIB. Sekretaris Desa Uram Jalan, Bahrum mengatakan, HGU PT Satya Agung yang masuk dalam wilayah desa itu dan sekitarnya berakhir 2010. Namun pada 2014 kembali diperpanjang. “Tapi selama ini tidak ada perhatian dari perusahaan dalam bidang sosial terhadap desa kami. Juga tidak dibangun kebun plasma,” kata Bahrum.

Humas PT Satya Agung, Sofyan, mengatakan pihaknya sudah mengurus perpanjangan HGU untuk kebun sawit dan karet. Menurutnya, bila status HGU diperpanjang, maka bukan sebuah kewajiban bagi perusahaan untuk membangun kebun plasma bagi masyarakat lingkungan. Namun arahan pemerintah daerah, perusahaan dianjurkan membuat kebun plasma.

“Pada dasarnya kami siap menjalankan arahan pemerintah daerah, bahkan sudah terbentuk satu koperasi di Kecamatan Geurudong Pase. Tapi sampai saat ini belum dibangun kebun plasma karena belum adanya lahan yang ditunjuk oleh pemerintah dearah,” ujarnya.

Terkait perhatian bidang sosial, kata Sofyan, saat ini perusahaan sedang merugi akibat kebun banyak yang rusak karena hama gajah. “Tapi selama ini bila ada masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan, banyak juga yang kita realisasikan, walaupun tidak semuanya,” demikian Sofyan.(bah) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id