Kontras Gelar Pameran Foto Masa Konflik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kontras Gelar Pameran Foto Masa Konflik

Kontras Gelar Pameran Foto Masa Konflik
Foto Kontras Gelar Pameran Foto Masa Konflik

BANDA ACEH – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Aceh menggelar pameran foto dan dokumen-dokumen masa konflik di Kantor Kontras, Lamlagang, Banda Aceh. Pameran bertema “Lorong Ingatan 1998-2005” itu berlangsung 22-24 Maret 2017.

Manager Program Kontras Aceh, Faisal kemarin mengatakan, pameran itu mengenang kembali apa yang terjadi pada masa lalu di Aceh. Serta membangkitkan kepedulian dan dukungan dari masyarakat, agar penyelesaian pelanggaran HAM di Aceh segera dilakukan.

Dalam Pameran itu dipajang foto sejumlah peristiwa pelanggaran HAM di Aceh, seperti peristiwa simpang KKA, Beutong Ateuh, Rumoh Geudong, Bumi Flora hingga Arakundo. Serta sejumlah klipingan surat kabar harian Serambi Indonesia yang memberitakan konflik Aceh.

“Kalau memungkinkan, rencana kita akan menjadikan pameran ini sebagai agenda berkala, setiap tahun kita buat, sehingga menjadi ruang konsolidasi,” ujar Faisal kemarin.

Dalam kegiatan itu, Kontras juga memutar sejumlah film dokumenter yang mengumpas tentang konflik Aceh. Ia melanjutkan, walaupun tidak diundang secara khusus, sejumlah korban pelanggaran HAM juga hadir ke acara tersebut.

Pameran itu juga menarik perhatian kalangan mahasiswa, sebab selama kegiatan tampak mahasiswa sejumlah kampus hadir. Menurut Faisal, generasi 1990-an keatas memang tidak terlalu mengenal bagaimana terjadinya konflik di Aceh. Sehingga kehadiran mereka juga memberi edukasi dan pemahaman sejarah yang baru.

Sementara Anggota DPRA, Bardan Sahidi yang hadir mengisi diskusi dalam pameran itu mengatakan, saat ini Aceh sudah memiliki lembaga Komisi Kebenaran Rekonsiliasi (KKR) beserta Qanun. Sehingga yang perlu dilakukan dukungan pola kerja yang akan direalisasikan kedepan.(mun) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id