Polisi Minta Pengolahan Minyak Mentah Ditutup | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polisi Minta Pengolahan Minyak Mentah Ditutup

  • Reporter:
  • Sabtu, Maret 25, 2017
Polisi Minta Pengolahan Minyak Mentah Ditutup
Foto Polisi Minta Pengolahan Minyak Mentah Ditutup

BIREUEN – Kapolres Bireuen, AKBP Heru Novianto SIK meminta pemilik usaha pengolahan minyak mentah di Bireuen, menghentikan aktivitasnya. Dalam waktu dekat, Forkopimda Bireuen akan membahas dan mencari kebijakan serta solusi yang tepat terhadap kegiatan ilegal tersebut.

Hal itu disampaikan Kapolres Bireuen melalui Kasat Reskrim Iptu Riski Andrian kepada Serambi, Jumat (24/3), terkait penyelidikan kebakaran usaha pengolahan minyak mentah di Desa Paya Cut, Kecamatan Peusangan, Bireuen, pada Selasa (21/3).

Disebutkan, saat ini ada puluhan usaha penyulingan minyak mentah di Bireuen, dan umumnya tidak mengantongi izin dari Pemkab Bireuen. Setelah kejadian itu, katanya, Polres Bireuen berkoordinasi dengan Pemkab Bireuen terkait langkah yang harus ditempuh terhadap kegiatan ilegal yang selama ini dikelola oleh masyarakat atau usaha keluarga.

Usaha pengolahan minyak mentah tanpa izin tersebut sering kali terjadi kebakaran. Selain di Paya Cut, sebelumnya juga pernah terjadi di usaha penyulingan minyak mentah di Desa Abeuk Budi, Kecamatan Juli, dan di Desa Alue Punoe, Kecamatan Peusangan yang terjadi Maret 2016.

Karena seringnya terjadi kebakaran, Polres Bireuen meminta para pengelola atau masyarakat yang bekerja melakukan penyulingan minyak mentah,menutup aktivitas sementara, sambil menunggu keputusan pemerintah.

Seperti diberitakan, satu dapur pengolahan minyak mentah di Desa Paya Cut, Peusangan, Bireuen, terbakar sekitar pukul 07.50 WIB, Selasa (21/03). Puluhan drum minyak mentah serta tempat operasional tersebut hangus. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Sore harinya, usaha penyulingan minyak tradisional di Gampong Abeuk Budi, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, juga terbakar. Sebelumnya, tepatnya 7 Maret 2016 usaha pengambilan minyak mentah di Desa Alue Punoe, Peusangan, terbakar.(yus) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id