Kejari Bireuen Tetap Proses Keuchik Gampong Baroe | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kejari Bireuen Tetap Proses Keuchik Gampong Baroe

Kejari Bireuen Tetap Proses Keuchik Gampong Baroe
Foto Kejari Bireuen Tetap Proses Keuchik Gampong Baroe

* Dugaan Korupsi Dana Desa Tahun 2015

SEMENTARA Kajari Bireuen, Mohammad Jeffry mengatakan, pihaknya sudah berulang kali memanggil mantan keuchik Gampong Baroe, Kecamatan Peudada, Jailani Usman, untuk hadir ke Kejari Bireuen. Namun Jailani tidak kooperatif dan belum pernah memenuhi panggilan jaksa.

“Kami tetap akan memproses Jailani Usman hingga ke Pengadilan. Dari hasil penyelidikan kami, dana desa yang diduga telah diselewengkan oleh Jailani Usman mencapai 60 juta rupiah lebih,” kata Jeffry didampingi Kasie Intel Yudi Pramana.

Untuk melengkapi berkas perkara dugaan penyelewengan dana desa itu, pihaknya juga masih menunggu hasil pemeriksaan tim ahli, terkait volume dan kualitas pekerjaan pembangunan jalan rabat beton, saluran, dan plafon meunasah yang menggunakan dana desa tahun 2015.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah warga Gampong Baroe, Peudada, Bireuen, meminta aparat penegak hukum menindaklanjuti dugaan penyelewengan dana desa yang dilakukan keuchik Jailani Usman.

Menurut warga, dugaan penyelewengan dana desa antara lain terjadi pada proyek pembangunan saluran dengan Dana Desa Tahun 2015 sebesar Rp 109 juta. Dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) seharusnya dibangun 511 meter, tapi realisasinya hanya 300 meter.

Penyelewengan lain terjadi pada proyek pemasangan plafon meunasahdengan anggaran Rp 50 juta juga bersumber dari Dana Desa 2015. Hingga kini proyek tersebut belum rampung dikerjakan. Penggunaan kayu juga tak sesuai RAB.(c38) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id