Perusahaan Masih Minim Setor Zakat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Perusahaan Masih Minim Setor Zakat

Perusahaan Masih Minim Setor Zakat
Foto Perusahaan Masih Minim Setor Zakat

BLANGPIDIE – Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menilai perusahaan di Abdya masih minim menyetor Zakat Infak dan Shadaqah (ZIS) ke Baitul Mal Abdya. Kepala Baitul Mal Abdya Hasbi AG mengatakan dari puluhan perusahaan yang beroperasi di Abdya hanya satu perusahaan yang telah menyetor zakat ke Baitul Mal di tahun 2017.

“Termasuk perbankan yang masih minim menyerahkan zakat, infak dan sadakahnya kepada kita, padahal beberapa waktu lalu kita bersama MPU telah memberikan tausiah dan sosialisasi kepada perusahaan, namun sampai saat ini hanya PT Payung Agung yang telah menyetor zakatnya kepada kita, tahun lalu ada juga zakat penghasil dari salah seorang dokter, namun zakat tahun ini belum kita terima,” kata Kepala Baitul Mal Abdya, Hasbi AG kepada Serambi, Kamis (23/3).

Selain itu, tambahnya, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan sosialisasi kepada perusahaan milik daerah, negara, koperasi dan swasta di Abdya menyalurkan zakat penghasilan melalui Baitul Mal. “Jika pengusaha tidak punya waktu menyerahkan, petugas kita siap menjumpai calon pemberi zakat tersebut dan selama ini petugas kita terus berupaya semaksimal mungkin untuk berbenah agar Baitul Mal ini menjadi kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakatnya,” katanya.

Menurut Hasbi, zakat merupakan kewajiban yang harus dibayarkan dan kewajiban itu sudah diatur dalam qanun yang menyebutkan setiap perusahaan yang beroperasi di Aceh wajib membayar zakat. Hasbi berjanji akan menyalurkan ZIS tepat sasaran sesuai dengan surat keputusan dengan pengawas syariah Baitul Mal Abdya. ZIS 2016 yang akan disalurkan pada tahun awal Mei sebesar Rp 3 miliar.(c50) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id