DAS Krueng Lamie Terkikis Erosi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DAS Krueng Lamie Terkikis Erosi

DAS Krueng Lamie Terkikis Erosi
Foto DAS Krueng Lamie Terkikis Erosi

* Sejumlah Rumah Terancam Amblas

SUKA MAKMUE – Daerah aliran sungai (DAS) Krueng Lamie di kawasan Desa Lueng Keubeu Jagat, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya terkikis erosi yang menyebabkan sejumlah rumah warga terancam amblas ke sungai.

Anggota DPRK Nagan Raya Cut Man kemarin mengatakan berdasarkan hasil pantauan di lokasi sedikitnya lima unit rumah warga hanya menunggu amblas ke sungai karena hampir setiap musim hujan tergerus air. “Jarak antara sungai dengan rumah warga hanya berkisar dua hingga lima meter saja. Kalau ini dibiarkan maka dipastikan rumah warga akan jatuh ke sungai,” kata Cut Man.

Menurutnya, erosi DAS Krueng Lamie yang menggerus tanah rumah warga di Kecamatan Tripa Makmur tidak hanya terjadi kali ini saja. Melainkan telah terjadi sejak beberapa tahun terakhir, terutama saat diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Menurut Cut Man gerusan air sungai di kawasan itu juga telah membuat badan jalan di lintasan Kuala Tuha-Lamie ikut jatuh dalam sungai.

Cut Man menyebutkan Pemerintah Aceh diharapkan segera turun tangan untuk mengatasi persoalan tersebut “Tanah dan rumah masyarakat yang kurang mampu di kawasan ini bisa secepatnya diselamatkan dan dibangun tanggul pencegah erosi,” ujarnya.

Sulit Dibendung
Camat Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Nasruddin kepada Serambi kemarin persoalan DAS Krueng Lamie hingga saat ini sulit dibendung lantaran sebagian besar rumah masyarakat di kawasan itu memang berada di pinggir sungai. “Terjangan erosi Krueng Lamie ini memang sudah sangat parah, kita berharap segera ada penanganan dari Pemerintah Aceh. Karena kalau mengandalkan dana APBK, mungkin sangat terbatas,” katanya.

Ia menyebutkan selama ini tiap tahun Pemkab Nagan Raya mengalokasikan anggaran untuk menangani erosi DAS Krueng Lamie. Namun, katanya, karena terbatasnya anggaran, penanganan bencana tersebut kurang maksimal tertangani.(edi) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id