OJK-Bursa Efek Gelar Kompetisi Game Pasar Saham | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

OJK-Bursa Efek Gelar Kompetisi Game Pasar Saham

OJK-Bursa Efek Gelar Kompetisi Game Pasar Saham
Foto OJK-Bursa Efek Gelar Kompetisi Game Pasar Saham

BANDA ACEH – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) serta Mandiri Sekuritas menggelar kompetisi games investasi pasar modal atau Stocklab, Kamis (23/3) di Kantor OJK Aceh, Pango, Banda Aceh. Kompetisi itu ikuti puluhan peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Kompetisi Stocklab merupakan kompetisi game yang menyimulasikan tentang pasar modal, serta istilah-istilah dalam dunia pasar modal. Kompetisi ini diselenggarakan di 19 kota se-Indonesia, dua pemenang dari setiap kota akan mendapat kesempatan mengikuti kompetisi tingkat nasional pada Agustus 2017 di Jakarta.

Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal A1 OJK, Gonthor R Aziz kemarin mengatakan, dengan adanya game investasi pasar modal ini akan memberikan banyak informasi kepada masyarakat. Terutama mengenai tata cara berinvestasi dan bertransaksi di bursa efek.

“Banda Aceh menjadi kota ketiga pelaksanaan kompetisi Stocklab, sebelumnya telah dilaksanakan di Semarang dan Kendari, nanti pemenangnya akan berkompetisi saat HUT Pasar Modal 9 Agustus mendatang di Jakarta,” ujar Gonthor kemarin.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Aceh, Thasrif Murhadi berharap dengan adanya kompetisi itu maka tingkat literasi (kemampuan memahami dan menganalis) masyarakat terhadap pasar modal semakin meningkat. Serta menumbuh minat masyarakat untuk menabung saham.

Ia juga menyasar tingkat literasi keuangan dan pasar modal itu untuk kalangan muda, sebab semakin tinggi literasi maka kemampuan masyarakat sebagai pelaku industri jasa keuangan semakin baik.

Ia menambahkan, saat ini di Aceh investor dalam pasar modal memang didominasi oleh kalangan muda, sebagian diantaranya masih berstatus mahasiswa. Menurutnya, saham yang banyak dilirik kalangan muda yaitu sektor konsumer, properti, infrastruktur, serta perusahaan tambang. (mun) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id