Bank Aceh Bentuk Anak Perusahaan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bank Aceh Bentuk Anak Perusahaan

Bank Aceh Bentuk Anak Perusahaan
Foto Bank Aceh Bentuk Anak Perusahaan

* Untuk Pembiayaan Modal Usaha Produktif

BANDA ACEH – PT Bank Aceh Syariah rencana membentuk anak perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan untuk membantu modal usaha produktif masyarakat, terutama di pedesaan yang selama ini belum terjangkau bank. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Bank Aceh berharap dukungan banyak pihak, terutama Pemerintah Aceh.

Direktur Utama (Dirut) PT Bank Aceh Syariah, Busra Abdullah menyampaikan hal ini kepada Serambi, Selasa (21/3). Menurutnya, tahap awal Bank Aceh akan membentuk lembaga pembiayaan ini di tingkat kecamatan dan selanjutnya menjangkau daerah pedesaan. Sejauh ini, dari segi ketersediaan dana, Bank Aceh sangat siap untuk menyalurkan pembiyaan sektor produktif di pedesaan.

Busra mengatakan sebagian besar masyarakat di pedesaan belum mendapatkan akses modal, sehingga masyarakat yang bergelut di usaha kecil tidak mampu meningkatkan kegiatan usahanya karena keterbatasan modal. Ia menyebutkan, pihak yang akan disasar bukan hanya sektor formal kecil, tapi juga sektor informal.

Busra Abdullah memperkirakan, potensi usaha produktif di pedesaan cukup besar. Jika potensi tersebut dapat digarapkan, bantuan pembiayaan untuk modal usaha tersebut mampu meningkatkan produktivitas pengusaha kecil dan kelompok masyarakat, juga bisa mengurangi jumlah penduduk miskin dan perbaikan distribusi pendapatan di Aceh.

Mengambil pengalaman Bank Pembangun Daerah Bali yang masuk ke sektor ini, Busra Abdullah mengatakan, pertumbuhan Bank Pembangunan Daerah Bali secara keseluruhan cukup baik, ditambah dengan berkembangnya sektor informal di pedesaan Provinsi Bali. “Saya optimis, lembaga pembiayaan masyarakat ini memberikan pengaruh positif untuk ekonomi Aceh serta perkembangan Bank Aceh dan sektor bisnis secara keseluruhan di Aceh,” katanya.

Sejauh ini, kata Busra Abdullah, pihak perbankan belum banyak yang masuk untuk menggarap pembiayaan sektor-sektor produktif di pedesaan. Hal ini, disebabkan, sebagian besar kelompok informal di pedesaan tidak bankable, yaitu tidak memenuhi syarat formal bank untuk mengambil kredit.

Busra Abdullah berharap beberapa bulan ke depan, program pengembangan lembaga pembiayaan yang menjadi anak perusahaan Bank Aceh bisa terealisir. “Tenaga yang mengelola tidak terlalu sulit didapat, mudah melatihnya dan asset yang dikelola tidak besar sehingga risikonya juga kecil,” tambahnya.

Ia mengatakan, di banyak tempat yang telah mengembangkan lembaga pembiayaan ini, berkembang cukup baik dan kredit macetnya pun kecil sekali. Hal ini, katanya, disebabkan oleh periode waktu cicilan yang pendek ditambah dengan jumlah pinjamannya yang tidak besar. “Kultur masyarakat islami dan prilaku masyarakat pedesaan yang malu melakukan perbuatan tidak terpuji menjadi modal kita di Aceh untuk mengembangkan lembaga ini,” jelasnya.

Terkait pelayanan penerimaan setoran pembiayaan haji untuk Aceh yang direncanakan melalui bank syariah, Busra Abdullah berharap, pemerintah memberikan porsi yang proporsional kepada bank-bank syariah di Aceh. “Bank Aceh porsi pasar bank syariahnya lebih besar, semestinya mendapatkan jatah penerimaan pembiayaan haji lebih besar,” pintanya.

Sementara itu, menyinggung perkembangan Bank Aceh selepas konversi dari bank kovensional ke bank syariah, ia mengatakan sejauh ini tetap positif. Pihak Bank Aceh masih terus membenahi keterbatasan yang ada agar pelayanan yang dilakukan Bank Aceh setara dengan bank-bank konvensional lainnya.

Busra juga menjelaskan sejauh ini tidak ada nasabah Bank Aceh yang pindah ke bank lain setelah perubahan sepenuhnya status bank itu dari sistem konvensional ke syariah. “Kami masih bekerja ekstra untuk mengembangkan Bank Aceh yang sudah berubah status. Untuk itu kami bekerja sama dengan sejumlah bank untuk meningkatkan pelayanan dengan menambah produk bank,” demikian Dirut Bank Aceh. (din) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id