Besok, Imunisasi Polio Serentak Dimulai | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Besok, Imunisasi Polio Serentak Dimulai

Foto Besok, Imunisasi Polio Serentak Dimulai

BANDA ACEH – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2016 secara serentak dimulai Selasa (8/3) besok hingga Selasa (15/3) pekan depan. Untuk tingkat provinsi dan Kota Banda Aceh, pencanangan kegiatan tersebut dipusatkan di Masjid Baitul Mukminin Gampong Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng. “Kita imbau warga membawa bayinya ke pos terdekat untuk diimunisasi. Ingat, sekali terkena polio, seumur hidup cacat. Kita tak bisa mengobati polio, yang bisa dilakukan adalah mencegah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Dr dr M. Yani, M.Kes dalam pernyataannya kepada Serambi, Minggu (6/3).

Untuk menyukseskan program ini, dilibatkan 339 Puskesmas, 7.460 pos PIN, dan lebih dari 10.000 tenaga vaksinator, juga melibatkan 22.000 lebih kader, sehingga program PIN tersebut bisa sukses. M Yani mengakui banyak tantangan yang dihadapi untuk menyukseskan imunisasi, mulai dari ketidaktahuan masyarakat hingga persoalan kesalahpahaman. Masih ada warga yang berpikir bahwa imunisasi haram atau menggunakan barang-barang yang diharamkan. “Majelis Ulama Indonesia secara resmi menyatakan dukungan untuk imunisasi di Indonesia, termasuk PIN Polio 2016, sebagaimana tercantum dalam Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Imunisasi,” kata M Yani.

Di Aceh, program imunisasi polio ini juga mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi mengaku akan mengerahkan seluruh jajarannya untuk mem-back-up program imunisasi nasional, termasuk polio. Kapolda Aceh itu juga mengaku telah meminta seluruh jajarannya, mulai dari Polres hingga Polsek agar mem-back-up kegiatan imunisasi polio di seluruh Aceh. “Yang jelas Pekan Imunisasi Polio ini program dunia. Oleh karenanya, mari kita dukung, saling bersinergi untuk menyukseskan program ini. Kami juga sudah ada arahan dari pimpinan Polri untuk melaksanakan program ini dan memback-up apa yang dikerjakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” kata Husein Hamidi kepada wartawan.

Hal yang sama dikatakan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI L Rudy Polandi. Pihaknya akan membantu sosialisasi kepada masyarakat luas, termasuk kepada jajaran di lingkungan Kodam Iskandar Muda.. “Kita akan bantu sosialisasikan kepada masyarakat, termasuk kepada anggota kita sendiri akan pentingnya imunisasi. Kita kan punya Babinsa. Saya juga mengimbau masyarakat Aceh untuk menjaga kesehatan,” kata Pangdam Iskandar Muda itu kepada Serambi.

Selain bersifat menular, polio bisa menyebabkan kelumpuhan si buah hati. Sekali kena virus, seumur hidup cacat, bahkan ada yang menyebabkan kematian. Itulah sebab mengapa memberantas penyakit ini amat penting, hingga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara bertahap.(sak) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id