Empat Wasit Aceh Berlisensi C1 Nasional | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Empat Wasit Aceh Berlisensi C1 Nasional

Foto Empat Wasit Aceh Berlisensi C1 Nasional

BANDA ACEH – Empat wasit sepakbola Aceh, Mahmudi, Dedi Saputra, Aidil Azmi (Banda Aceh) dan M Arifin (Lhokseumawe) kini resmi menyandang status berlisensi C1 Nasional. Mereka dinyatakan lulus setelah mengikuti Kursus Wasit C1 Nasional sejak 29 Februari hingga 4 Maret di Wisma Aditya, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Acara tersebut ditutup Ketua Komite Wasit PSSI Djamal Aziz, Jumat (4/3) malam.

Kursus Wasit C1 Nasional diselenggarakan oleh Asprov PSSI Bangka Belitung. Kegiatan ini diikuti oleh 39 perserta dari berbagai provinsi, seperti Aceh, Babel, Gorontalo, Sulawesi Barat, Lampung, Palembang, dan Jawa Timur. Dari 39 peserta dari berbagai provinsi, hanya 26 orang yang dinyatakan lulus dan berhak memimpin pertandingan PSSI tingkat nasional.

Wasit Aceh, Mahmudi kepada Serambi kemarin mengatakan, kursus ini menghadirkan instruktur Supriatin dari Magelang, Maskur Lestaluhu (Jakarta), dan Okky Dwi Putra (Bandung). Materi yang diberikan selain dalam ruangan ada juga di lapangan. Misalnya lari 40 meter dan lari 150 meter di lapangan. Keempat wasit Aceh ini sebelumnya menyandang lisensi C3 Asosiasi kota (Askot) dan C2 Asosiasi Provinsi (Asprov). “Dari 39 peserta hanya 26 yang dinyatakan lulus kursus C1 Nasional,” ujarnya.

Atas peningkatan status tersebut, Mahmudi berharap dapat memimpin pertandingan level nasional. Namun, lisensi ini menjadi tantangan untuk terus memperbanyak pengalaman. Apalagi, kondisi sepakbola berbagai tingkatan belum bergulir di Tanah Air akibat PSSI dibekukan. Dia berharap masalah yang menimpa sepakbola Indonesia ini dapat berakhir sehingga para wasit dapat memimpin pertandingan. “Mohon masukan dan bimbingan dari senior supaya kami dapat memimpin dengan baik di lapangan,” harapnya.(adi) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id