Anggota Dewan: Keluarkan Pergub Raskin | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Anggota Dewan: Keluarkan Pergub Raskin

Anggota Dewan: Keluarkan Pergub Raskin
Foto Anggota Dewan: Keluarkan Pergub Raskin

MEULABOH – Anggota DPRA Zaenal Abidin mendesak Gubernur Aceh Zaini Abdullah segera mengeluarkan pagu atau kuota beras untuk rumah tangga miskin (raskin) untuk kabupaten/kota di Aceh. “Pergub ini akan menjadi dasar bupati dalam menetapkan pagu raskin di setiap kecamatan,” kata Zaenal kepada Serambi kemarin.

Hal itu dikatakan menyikapi soal tiga kabupaten meliputi Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya yang hingga kini masih terkendala menyalurkan raskin karena tidak ada pagu sebagai dasar menyalurkan raskin kepada masyarakat.

Menurut Zaenal tahun 2017 sudah hampir memasuki April yang seharusnya raskin sudah dapat dinikmati masyarakat miskin. Persoalan ini, katanya, tidak boleh dibiarkan terlalu lama. “Kita prihatin membaca berita di media bahwa penyebab belum disalurkan raskin ternyata pagu yang belum keluar dari gubernur. Kita meminta agar disegerakan,” sebutnya.

Seperti diberitakan kemarinKepala Bulog Divre Meulaboh Ade Mulyani mengatakan hingga kini pagu beras untuk masyarakat miskin (Raskin) dari gubernur belum keluar sehingga penyaluran raskin di Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya terkendala. “Penyaluran raskin oleh Bulog dilakukan berdasarkan dengan pagu yang sudah ditetapkan oleh gubernur,” kata Ade kepada Serambi, Sabtu (18/3).

Dia sebutkan pagu tersebut dikirim ke bupati dan wali kota serta ditetapkan kembali untuk masing-masing kecamatan. Menurutnya, untuk persediaan beras raskin di gudang Bulog Meulaboh sudah siap untuk disalurkan sesuai penebusan yang diajukan dari kecamatan. Kadis Pangan Aceh Barat Ir Nasrita kemarin mengatakan pagu (jatah) raskin tahun 2017 masih menunggu keluar SK dari gubernur.

Namun dalam pekan depan ini bila juga belum turun, pihaknya akan mempertanyakan ke provinsi. Nasrita mengatakan tahun 2017 raskin yang disalurkan gratis kepada masyarakat dengan dana disubsidi atau ditebus melalui dana Pemkab Aceh Barat. “Program raskin gratis sudah berlangsung sejak tahun 2016. Tahun ini juga akan diberikan gratis,” kata Nasrita.(riz)   (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id