Ratusan Murid SD Cuci Tangan Pakai Handrub | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ratusan Murid SD Cuci Tangan Pakai Handrub

Ratusan Murid SD Cuci Tangan Pakai Handrub
Foto Ratusan Murid SD Cuci Tangan Pakai Handrub

BANDA ACEH – Sebanyak 540 murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 54, Jeulingke, Banda Aceh melakukan demo cuci tangan memakai handrub (cairan antiseptik), Jumat (17/3) di sekolah tersebut. Aksi massal itu dipandu puluhan perawat dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Aceh dan Banda Aceh, dalam rangka HUT PPNI ke-43.

Ketua DPD PPNI Kota Banda Aceh, Faisal AMK SKM MKM kepada Serambi, kemarin mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mengedukasi murid SD tentang pentingnya cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, terutama dengan memakai handrub sebagai antiseptik.

“Kami menekankan pentingnya memakai handrub. Sebab cuci tangan dengan air saja tidak membunuh bakteri dan kuman,” ujar Faisal didampingi Ketua DPW PPNI Aceh, Abdurrahman SKep MPd. Menurutnya, selain efektif membunuh kuman dalam 30 detik, handrub sangat praktis dibawa karena tersedia dalam kemasan kecil.

Faisal menambahkan, pihaknya bersama puluhan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Unsyiah juga memberi penyuluhan tentang manfaat cuci tangan. “Kegiatan cuci tangan ini diadakan serentak di seluruh provinsi dan kota di Indonesia hari ini (Jumat, 17/3),” kata dia.

Selain itu para murid diajarkan 6 langkah mencuci tangan yaitu dimulai dengan menggosok kedua telapak tangan, telungkupkan dua tangan bergantian, mengatup kedua tangan, mengunci kedua tangan, memutar ibu jari, dan menggosok ujung jari. “Cuci tangan merupakan hal sederhana yang dapat meminimalisir masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh,” tukasnya. (fit) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id