Petugas Kesehatan Diminta Proaktif | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Petugas Kesehatan Diminta Proaktif

Petugas Kesehatan Diminta Proaktif
Foto Petugas Kesehatan Diminta Proaktif

BANDA ACEH – Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif meminta petugas kesehatan turun ke masyarakat untuk melaksanakan Program Indonesia Sehat. Sikap proaktif tersebut dibutuhkan agar berbagai program kesehatan bisa direalisasikan di 213 Puskesmas se-Aceh. Ajakan ini disampaikan Kadis Kesehatan Aceh itu saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Program Kesehatan Masyarakat di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Rabu (15/3).

“Sebagai pelaksana program kesehatan, petugas harus lebih mendekatkan diri ke masyarakat. Kalau dulu masyarakat yang ke Puskesmas, sekarang tim kesehatan dari Puskesmas harus lebih banyak turun dan berada di masyarakat. Program inilah yang disebut sebagai Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga,” jelas Hanif.

Progam Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga ini dilaksanakan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, banyak makan buah dan sayur, dan rutin memeriksa kesehatan.

Ketua panitia penyelenggara Suwarni SKM, MPH mengatakan, rapat koordinasi teknis program Kesmas tahun 2017 ini berlangsung tiga hari, mulai Selasa (14/3) hingga Kamis hari ini. Rapat tersebut dibuat untuk penguatan koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota dan evaluasi kinerja tahun 2016.

Dalam Program Indonesia Sehat, untuk tahun 2017 secara nasional ditargetkan 2.926 Puskesmas yang akan melaksanakan program ini, sedangkan di Aceh ada 213 Puskemas yang ditargetkan. Jumlah Puskesmas yang akan menjalankan program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga ini bervariasi antara satu kabupaten dengan kabupaten lain.

Kuwat Sri Hudoyo yang juga Setditjen Kesmas Kemenkes RI dalam sambutannya mengatakan secara nasional ada peningkatan derajat kesehatan, namun belum menunjukkan hasil diharapkan. “Inilah yang perlu kita perhatikan, karena belakangan ini kecenderungan tidak begitu baik terhadap kesehatan, maka berbagai upaya kesehatan masyarakat perlu kita tingkatkan, baik di sisi masyarakat maupun dengan lintas sektoral,” kata dia.

Pertemuan ini membahas berbagai isu terkait kesehatan masyarakat, keluarga sehat, gerakan masyarakat hidup sehat, dan juga terkait sinergi kebijakan antara pusat dan daerah. Narasumber lainnya adalah Drg Kartini Rustandi, M. Kes, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Direktorat Jenderal Kesmas Kemenkes RI. Dalam presentasinya, Kartini menekankan bahwa untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, bugar dan produktif, sangatlah penting upaya promotif dan preventif, disamping peran penguatan layanan kesehatan yang ada dengan melibatkan peran berbagai lintas sektor dan lintas program. (sak) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id