Erli Hasim Bupati Terpilih di Simeulue | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Erli Hasim Bupati Terpilih di Simeulue

  • Reporter:
  • Kamis, Maret 16, 2017
Erli Hasim Bupati Terpilih di Simeulue
Foto Erli Hasim Bupati Terpilih di Simeulue

SINABANG – KIP Simeulue kemarin juga menggelar rapat pleno penetapan pasangan Erli Hasim-Afridawati sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. Rapat pleno tersebut berlangsung di Aula Dinas Kesehatan.

Namun hasil rapat pleno tersebut mendapatkan protes dan penolakan dari saksi pasangan calon nomor urut 1, Drs Riswan NS-Hamdan Amin. Menurut saksi tersebut, pleno yang diselenggarakan KIP cacat hukum dan batal demi hukum karena bukti ijazah paket C atas nama Afridawati (calon wakil bupati terpilih) cacat hukum, setelah adanya klarifikasi faktual dari KIP Simeulue pada 24 Oktober 2016 dan jawaban resmi dari Kadisdik 27 Oktober 2016 kepada KIP Simeulue.

“Maka, mestinya pasangan calon nomor urut 3 harus didiskualifikasi,” ujar saksi tersebut dalam nota keberatan dan penolakan yang ditandatangani oleh Johan Jallah dan Kadri Amin.

Terkait hal itu, anggota Komisioner KIP Simeulue, Juhardi Marlin, menjelaskan bahwa rapat pleno ini masih dalam rangkaian tahapan Pilkada. Karena itu pihaknya tetap menerima dan akan menjawab keberatan tersebut. “Keberatan tetap kita terima, nanti komisioner akan duduk setelah ini untuk membahas keberatan itu. Tentu ada tahapan yang harus dilalui, nanti akan dijawab,” ujar Juhardi Marlin.

Sementara itu, untuk Kota Banda Aceh, KIP menjadwalkan rapat pleno penetapan wali kota/wakil wali kota terpilih pada Kamis (16/3) hari ini. Demikian juga dengan Kabupaten Aceh Besar, dan Aceh Barat.

Ketua KIP Kota Banda Aceh, Munawar Syah MA, kepada Serambi, Rabu (15/3), mengatakan, rapat pleno berlangsung di Auditorium Universitas Muhammadiah, Bathoh Banda Aceh. “Penetapan seyogyanya dilakukan pada Rabu, 8 Maret 2017 lalu. Tapi karena ada surat dari KPU RI, maka penetapannya harus digeser,” katanya.

KIP Aceh Besar juga menjadwalkan penetapan bupati/wakil bupati terpilih pada Kamis hari ini. Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah SHi mengatakan, rapat pleno penetapan akan digelar di Amel Convention Center, Lamteh, Banda Aceh.

Sedangkan di Aceh Barat, sebagaimana disebutkan Ketua KIP, Bahagia Idris, rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih akan dilaksanakan di Gedung SKB di Lapang.

Ia menjelaskan, rapat pleno penetapan bupati terpilih itu dilaksanakan setelah keluarnya surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang isinya menyatakan bahwa Aceh Barat tidak ada perselisihan hasil pemilihan (PHP).

“Pada penetapan nanti akan diundang calon dari semua pasangan calon. Mereka akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya,” ujar Bahagia.(sm/awi/riz) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id