Distan Bireuen Gelar Rakor Upsus Pajale dan Jadwal Turun Sawah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Distan Bireuen Gelar Rakor Upsus Pajale dan Jadwal Turun Sawah

  • Reporter:
  • Kamis, Maret 16, 2017
Distan Bireuen Gelar Rakor Upsus Pajale dan Jadwal Turun Sawah
Foto Distan Bireuen Gelar Rakor Upsus Pajale dan Jadwal Turun Sawah

DINAS Pertanian Bireuen, Rabu (15/3) menggelar rapat koordinasi upaya khusus tanaman padi, jagung dan kedele (Upsus-Pajale) serta rapat penentuan jadwal turun ke sawah serentak musim tanam gadu 2017.

Rapat koordinasi yang berlangsung di aula dinas itu juga dihadiri Staf Ahli Menteri Pertanian bidang lingkungan hidup, Ir Mukti Sardjono MSi serta sejumlah pejabat lainnya dibuka Asisten II Raden Yus Rusmadi ST. Kadistan Bireuen, Ir Alie Basyah, rapat koordinasi untuk mendapatkan masukan atau permasalahan yang muncul di wilayah pelaksanaan Upsus padi, jagung dan kedelai.

Mencari solusi dari permasalahan yang muncul di lapangan dan sejumlah bahasan lainnya. Disebutkan, sasaran luas tanam padi adalah 45 ribu hektar, produktivitas 6,8 ton/hektar, target hasil panen 263.956 ton nantinya.

Sedangkan jagung target luas tanam 3.670 hektar, target panen 3.487 hektar, produktivitas 4,30 ton/hektar dengan sasaran preoduksi 15.013 ton. Luas tanam kedelai katanya 1.566 hektar, perkiraan panen 1.506 hektar dengan produktivitas 2.239 ton. Dukungan semua pihak terutama PPL, Babinsa (TNI-AD) mantri tanidan yang lebih penting adalah dukungan dari kelompok tani yang merupakan mitra kerja dinas.

Jadwal turun sawah serentak musim gadu 2017 disepakati yaitu dimulai kenduri blang/gotong royong dan pembersihan saluran disesuaikan dengan keadaan setempat atau masing-masing kecamatan dan desa. Selanjutnya pembukaan pintu air 20 April, pengolahan tanah 5-20 Mei, semai benih 5 – 13 Juni, dimulai tanam pada 15 Juni sampai 7 Juli.

Penutupan pintu air berkisar awal September dan panen diperkirakan pertengahan September 2017. Benih yang dianjurkan varietas Cibogo, Mekongga, IPB 3S, Inpari 30, 31, 32 dan 33, Ciherang Sub 1 dan Inpari Sidenuk. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id