Semen Indonesia Bakal Latih Pemuda Lulusan SMK di Pidie | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Semen Indonesia Bakal Latih Pemuda Lulusan SMK di Pidie

  • Reporter:
  • Rabu, Maret 15, 2017
Semen Indonesia Bakal Latih Pemuda Lulusan SMK di Pidie
Foto Semen Indonesia Bakal Latih Pemuda Lulusan SMK di Pidie

URI.co.id, SIGLI — Dalam rangka pemberdayaan dan peningkatkan pengetahuan serta kompetensi masyarakat Kabupaten Pidie, agar siap menghadapi persaingan dalam dunia usaha dan industri.

PT Semen Indonesia melalui Semen Indonesia Foundation berkolaborasi dengan PT Semen Indonesia Aceh (SIA), menyelenggarakan kegiatan Social Responsibility, dalam bentuk pelatihan keterampilan kepada para lulusan SMK/SMA yang tersebar di 11 gampong daerah ring 1 (satu) wilayah proyek pembangunan PT Semen Indonesia Aceh.

Kegiatan pelatihan keterampilan kompetensi tersebut, akan diadakan selama dua minggu, dimulai pada tanggal 20 -31 Maret 2017, yang bertempat di SMKN 2 Sigli.

Kegiatan ini hasil kerja sama antara Semen Indonesia Foundation, PT Semen Indonesia Aceh, Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie.

Adapun bentuk pelatihan keterampilan, yaitu dengan kombinasikan pembelajaran teori ruangan dan pembelajaran praktek di laboratorium atau bengkel (pratical learning).

Kegiatan tersebut bertujuan agar menghasilkan lulusan dengan tingkat mutu yang siap memasuki dunia kerja. Sementara, materi pelatihan yang diberikan berupa motivasi perubahan, konsep entrepreneur, teori dan praktek.

Sedangkan pihak perusahaan mendatangkan instruktur pelatihan yang telah berpengalaman di bidangnya, mereka akan memberi pengetahuan dan pengalaman tambahan bagi peserta untuk membangun semangat entrepreneurship yang siap bersaing dalam memasuki dunia kerja dan usaha.

Dalam pelaksanaannya ke depan, program pelatihan keterampilan ini dibagi dalam 5 kategori keterampilan kompetensi, antara lain program pelatihan sipil sebanyak 25 peserta, program pelatihan mekanik sebanyak 25 peserta, program pelatihan listrik sebanyak 25 peserta, program pelatihan las sebanyak 25 peserta, dan program pelatihan administrasi bisnis sebanyak 25 peserta dengan total keseluruhan 125 peserta.

Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan Pemerintah Gampong wilayah ring 1 (satu) serta Pemerintah daerah kabupaten Pidie ini akan dibuka secara khusus pada tanggal 15 Maret 2017 oleh Direksi PT Semen Indonesia Bapak Dr Ir Gatot Kustyadji SE MSi dan Direksi PT Semen Indonesia Aceh Bapak Ir Abas F Soerawidjaja serta perwakilan dari unsur pemerintah.

Direksi PT Semen Indonesia, DR Ir Gatot Kastuadji, kepada wartawan mengatakan pelatihan tersebut merupakan action plan dari pihak perusahaan, hal ini dilakukan karena melihat kondisi masyarakat Pidie yang dinilai belum siap dengan adanya perusahaan, sehingga langkah ini perlu dilakukan.

“Mengenai pekerjaan itu adalah jodoh, kami terus upayakan untuk membentuk karakter masyarakat ring 1 yang utama, agar sesuai kebutuhan perusahaan,” Terangnya.

Asisten IIl Pemkab Pidie, Maddan SE dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak Semen Indonesia, yang ikut membantu langsung pemberdayaan masyarakat Pidie, terutama dalam bidang ketenaga kerjaan.

Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut dapat mengurangi dampak pengangguran di Pidie, sehingga rakyat Pidie semakin kreatif. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id