BMKG Terbangkan Dua Rason Sehari | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BMKG Terbangkan Dua Rason Sehari

BMKG Terbangkan Dua Rason Sehari
Foto BMKG Terbangkan Dua Rason Sehari

* Masyarakat Diminta tak Takut

BANDA ACEH – Kasie Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandara Internasional Sultan Iskandarmuda Banda Aceh, Zakaria mengatakan, pihaknya melepas atau menerbangkan dua unit Radiosonde (Rason) setiap pagi dan sore. Karenanya, ia mengimbau masyarakat yang menemukan alat bertuliskan Radiosonde, warga tak perlu takut, dan tak perlu harus dikembalikan. Disebutkan, pada alat pengukur cuaca itu juga ada tulisan ‘Transmiter Meisel RS-11G.’

Pernyataan ini diutarakan Zakaria, Selasa (14/3) berkaitan dengan sempat terjadi kehebohan warga Desa Doy, Ulee Kareng Banda Aceh setelah menemukan peralatan yang jatuh di depan rumah warga yang keluar sinar (menyala) pada malam hari. Disebutkan, Rason yang jatuh di Gampong Doy Jumat lalu itu ditemukan warga siang hari dan benda itu disingkirkan ke pinggir jalan. Ternyata pada malam hari benda itu mengeluar cahaya yang membuat masyarakat takut karena diduga bom dan segera melaporkan ke Polsek Ulee Kareng, sehingga dalam waktu singkat datang Tim Jibom Polda Aceh untuk mengamankan benda tersebut.

Zakaria menyebutkan, Rason yang diterbangkan dua unit sehari pada pukul 06.00 WIB dan 18.00 WIB, bermanfaat untuk mengirim sinyal berita agar dapat mengetahui arah kecepatan angin, suhu udara, kecepatan udara, dan kelembapan udara. Dijelaskan juga, peralatan itu juga dilengkapi baterai, rangkaian kabel, tali, pipa, dan balon itu, dikemas dengan sterofom.

“Rason itu diterbangkan dengan balon gas dan akan jatuh perlahan-lahan ketika balon meletus karena dilengkapi payung dan tak membahayakan masyarakat,” kata Zakaria.(awi) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id