237.330 Warga Atim belum Miliki KTP-El | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

237.330 Warga Atim belum Miliki KTP-El

237.330 Warga Atim belum Miliki KTP-El
Foto 237.330 Warga Atim belum Miliki KTP-El

* Akibat Kekosongan Blanko Sejak Oktober 2016

IDI – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Timur, Amiruddin NN SH mengungkapkan, jumlah warga Aceh Timur yang telah melakukan perekaman data sejak lima bulan lalu, namun belum mendapat KTP elektronik mencapai 237.330 orang. Hal ini disebabkan kekosongan blanko KTP sejak Oktober 2016.

“Akibat persoalan ini, kami terpaksa mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP. Hingga saat ini, surat keterangan yang mampu kami keluarkan baru 18.696 lembar,” kata Amiruddin, Selasa (14/3). Artinya, masih ada 218.634 warga lainnya yang tidak memegang KTP elektronik maupun surat keterangan pengganti dari Disdukcapil setempat.

Banyaknya surat keterangan pengganti KTP yang harus dikeluarkan, tentu saja merepotkan pihak Disdukcapil dan menyita waktu masyarakat yang harus bolak-balik ke Disdukcapil, karena surat keterangan ini hanya bersifat sementara.

Persoalan kekosongan blanko KTP yang terjadi hampir di seluruh Indonesia ini tak lepas dari kasus korupsi yang melibatkan banyak pejabat di tingkat pusat, sehingga berdampak ke daerah. “Sampai saat ini pun kami belum tahu kapan blangko KTP ini akan dikirim dari pusat. Karena informasi kami terima, Ditjen Dukcapil Kemendagri pun belum mencetak blanko KTP elektronik tersebut,” katanya.

Untuk mengantisipasi timbulnya masalah administrasi bagi warga akibat ketiadaan KTP, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri pun sudah dua kali mengeluarkan surat yang isinya menyarankan Disdukcapil di setiap daerah agar memberi surat pengganti KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman data.

“Surat keterangan pengganti KTP ini hanya diberikan kepada warga yang sudah melakukan perekaman data. Fungsi dan kekuatan hukum surat ini sama seperti KTP, bisa dimanfaatkan untuk semua kebutuhan administrasi,” ungkapnya.(c49) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id