Gubernur Aceh Tarek Pukat di Gampong Jawa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur Aceh Tarek Pukat di Gampong Jawa

Gubernur Aceh Tarek Pukat di Gampong Jawa
Foto Gubernur Aceh Tarek Pukat di Gampong Jawa

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah di sela-sela meninjau lokasi kegiatan Penas-KTNA XV di kawasan Gampong Jawa, Selasa (14/3) kemarin, melakukan rutinitas bersama para nelayan di sana. Zaini Abdullah mengikuti proses tarik pukat bersama para nelayan dari bibir pantai.

“Sigoe teuk beh (sekali lagi ya)” ujar Gubernur sembari kembali menuju bibir pantai dan meraih bagian pukat untuk ditarik ke darat. Meski cuaca lumayan panas, namun pria yang akrab disapa Doto Zaini itu terlihat sangat antusias berbaur bersama warga dan melakukan tarik pukat atau dalam bahasa Aceh lebih dikenal tarek pukat.

Usai tarek pukat, Doto Zaini yang hadir ke lokasi didampingi oleh Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Aceh, Diauddin, serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin, menyempatkan diri berdialog dengan salah seorang perwakilan nelayan setempat.

Tujuan utama kunjungan gubernur kemarin, bukan semata berbaur bersama warga untuk melakukan tarek pukat. Namun, untuk meninjau kesiapan lokasi tersebut menjadi bagian dari gelaran Penas KTNA XV. Untuk diketahui bersama, pantai Gampong Jawa merupakan salah satu lokasi kegiatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan XV.

“Persiapan saat ini sudah mencapai 50 persen. Sejak beberapa hari ini saya terus marathon ke sejumlah lokasi yang bakal menjadi bagian dari event tersebut, tujuannya adalah untuk memantau dan memacu kesiapan masing-masing tempat untuk menerima kunjungan lebih dari 35 ribu tamu se-Indonesia dan Asia Tenggara,” tegas Gubernur.

Gubernur menjelaskan, bahwa tradisi tarek pukat darat di Gampong Jawa ini merupakan salah satu atraksi yang akan dipertontonkan kepada para tamu Penas KTNA, sehingga menjadi pengetahuan bersama dan diketahui oleh masyarakat nasional maupun internasional. “Ini akan jadi salah satu daya tarik tersendiri. Namun, tak hanya sekedar atraksi, tarek pukat juga memiliki potensi ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat nelayan,” pungkasnya. (dan) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id