Gubernur akan Tanggih Janji Pusat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Gubernur akan Tanggih Janji Pusat

Foto Gubernur akan Tanggih Janji Pusat

* Terkait Terowongan Geurute

MEULABOH – Pemerintah Aceh akan mempertanyakan kembali janji pemerintah pusat terhadap rencana pembangunan terowongan Geurutee di jalan Banda Aceh-Meulaboh. Rencana pembangunan terowongan yang sudah masuk dalam program rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Aceh tersebut harus segera diwujudkan.

“Kita akan tanyakan ke Menteri PU (Pekerjaan Umum) soal terowongan Geureute itu, jembatan layang, jalur kereta api dan jalan tol. Saat Presiden Jokowi dua hari lalu juga sudah saya sampaikan,” kata Zaini kepada wartawan di sela menghadiri maulid akbar di Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Sabtu (5/3). Penegasan serupa juga kembali dikatakan gubernur ketika memberi sambutan pada acara maulid tingkat kabupaten tersebut.

Menurut gubernur program pembangunan terowongan Geureute sudah disetujui pusat dan masuk dalam RPJM Aceh. Namun sejauh ini dalam tahun 2016 tidak dianggarkan dana dalam APBN untuk pembangunan fisik terowongan.

“Saya akan tanyakan lagi. Kita berharap bisa masuk dalam APBN-P tahun ini,” jelasnya.

Menurut gubernur keberadaan terowong Geureute antara lain dapat memperpendek jarak tempuh dari 12 kilometer menjadi 1,7 kilometer. Apalagi selama ini ruas jalan di gunung yang menghubung pantai barat selatan Aceh tersebut sering terganggu seperti longsor.

Anggota DPR Aceh T Iskandar Daod menyatakan prihatin atas belum terlaksananya pembangunan terowongan Geureute sebagaimana yang sudah direncanakan. Menurutnya keberadaan terowongan tersebut menjadi jalan alternatif karena kondisi badan jalan di lereng Geureute sudah sangat rawan.

“Karena itu kami berharap Pemerintah Aceh perlu memacu dan memberikan dukungan penuh untuk segera terealisasinya pembangunannya,” kata Iskandar.

Menurut anggota DPRA dari Aceh Barat itu keberadaan terowongan Geureute diharapkan jangan hanya terkesan janji manis, tapi harus jelas target waktu pelaksanaannya. “Melihat kondisi gunung Geurute, Kulu, dan Paro yang sering terjadi bencana longsor maka harus menjadi prioritas untuk direalisasikan,” ungkap Iskandar.(riz) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id