DPRK: Ukur Ulang Areal PT APL | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DPRK: Ukur Ulang Areal PT APL

Foto DPRK: Ukur Ulang Areal PT APL

* Terkait Sengeketa Lahan

TAPAKTUAN – DPRK Aceh Selatan mengeluarkan rekomendasi kepada Pemerintah Aceh, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh dan Pemkab Aceh Selatan untuk mengukur ulang areal PT Asdal Prima Lestari (PT APL) di wilayah Trumon Timur. Pengukuran ulang tersebut bertujuan untuk menentukan tapal batas Hak Guna Usaha (HGU) PT APL yang selama ini dipersengketakan karena diduga masuk dalam kawasan tanah ulayat dan kebun masyarakat.

“Pengukuran ulang ini untuk memastikan bahwa areal HGU tidak masuk dalam tanah ulayat atau kebun masyarakat serta batas desa yang berada di sekitar HGU PT Asdal Prima Lestari,” kata Ketua DPRK Aceh Selatan T Zulhelmi sesuai laporan hasil Pansus dan rapat Badan Musyawarah serta pendapat akhir Fraksi DPRK Aceh Selatan dalam rapat Paripurna DPRK Aceh Selatan, Jumat (4/3).

“Setelah pengukuran ulang, selanjutnya PT APL wajib membuat patok permanen melalui pengawasan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk menghindari konflik dan sengketa di kemudian hari,” tegas T Zulhelmi. DPRK juga meminta PT APL melaksanakan kewajibannya membangun kebun plasma untuk masyarakat minimal 30 persen dari total luas HGU yang masuk dalam wilayah yurisdiksi Kabupaten Aceh Selatan sesuai Pasal 16 Ayat (2) Qanun Aceh Nomor 06 tahun 2012 tentang perkebunan.

Selanjutnya DPRK juga meminta PT APL untuk merealisasi kewajiban tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan meminta Pemkab memfasilitasi terwujudnya poin-poin tersebut serta mendesak Pemerintah Aceh memberi peringatan kepada PT APL yang belum merealisasikan penggunaan lahan perkebunan sesuai Pasal 13 Ayat (1) dan (2) UU No 39 Tahun 2014 tentang perkebunan.

“Apabila dalam waktu dua bulan sejak rekomendasi ini dikeluarkan tidak dilaksanakan, maka DPRK merekomendasikan kepada Pemerintah Aceh melalui Pemkab untuk mencabut izin usaha perkebunan (IUP) PT Asdal Prima Lestari,” sebut T Zulhelmi. Rapat Paripurna turut dihadiri Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarayah, Sekda Harmaini beserta kepala SKPK.(tz) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id